Tiga daerah prioritas restorasi gambut

id lahan gambut,restorasi lahan gambut,gambut,hutan,kebakaran gambut,hutan dan lahan

Tiga daerah  prioritas restorasi gambut

Arsip - Delegasi Bonn Chalenge mengunjungi kebun plasma nutfah dan demonstrasi plot restorasi hutan rawa gambut bekas kebakaran di Desa sepucuk, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, Selasa (9/5). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Tiga daerah di Sumatera Selatan menjadi prioritas restorasi lahan gambut karena arealnya cukup luas serta rawan terbakar.

Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim Najib Asmani di Palembang, Senin mengatakan, daerah yang menjadi prioritas itu adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin,  dan Ogan Komering Ilir.

Ketiga daerah itu telah disetujui Badan Restorasi Gambut Pusat untuk direstorasi, karena  wilayah tersebut rawan terbakar sehingga perlu direstorasi, ujar dia.

Restorasi tersebut dilakukan karena bila lahan gambut terbakar maka susah untuk dipadamkan. Sehubungan dengan itu gambut akan direstorasi supaya tidak terbakar sekaligus bermanfaat bagi perekonomian masyarakat di sekitar lahan.

Rstorasi gambut bukan hanya memberdayakan lingkungan saja agar semakin hijau tetapi juga untuk pencegahan kebakaran lahan, kata dia.

Sebelumnya Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, Badan Restorasi Gambut mendukung sepenuhnya restorasi di Sumatera Selatan karena telah disetujui.

Memang, lanjut dia, restorasi gambut memerlukan kerja sama dengan berbagai instansi karena banyak permasalahan yang terkait di lahan tersebut.

Oleh karena itu restorasi bukan hanya dilaksanakan pemerintah saja tetapi berbagai lembaga termasuk swadaya masyarakat, tambah dia.