Lula Kamal ajak "Bonita" hidup sehat

id Lula Kamal,dr Lula Kamal,bonita,bonek wanita,berita sumsel,berita palembang

Lula Kamal ajak "Bonita" hidup sehat

Dokter sekaligus artis, Lula Kamal (ANTARA News SumselFeny Selly)

Surabaya (ANTARA News Sumsel) - Artis yang juga dokter Lula Kamal memberi paparan kepada "bonek wanita" atau "bonita", julukan suporter perempuan bagi tim sepak bola Persebaya Surabaya, agar menjalankan pola hidup sehat.

Kegiatan ini digagas oleh Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya, yang berlangsung di Graha Baradaksa Polrestabes Surabaya, Minggu.

"Saya mengapresiasi Polrestabes Surabaya yang telah peduli sama bonita. Saya senang sekali waktu diundang untuk menjadi pembicaranya," ujar None Jakarta tahun 1990 itu.

Lula lebih banyak memberi paparan tentang kesehatan organ reproduksi wanita. Dia menganjurkan agar bonita rutin melakukan pemeriksaan pap smear atau Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), yang merupakan metode pencegahan dini dari penyakit kanker leher rahim atau serviks.

"Setiap perempuan, yang sudah menikah atau belum, dianjurkan setahun sekali melakukan pap smear atau IVA, agar segera mendapat penanaganan seandainya terdeteksi terseran kanker serviks," tuturnya.

Dalam kesemptan itu, bonita yang hadir juga difasilitasi untuk memeriksakan organ kelaminnya melalui metode IVA.

Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi Rudi Setiawan mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polrestabes Surabaya dalam mengelola suporter Bonek.

"Bonek ini kan potensi bagi Kota Surabaya, bahkan Jawa Timur. Ini harus kita kelola supaya Bonek produktif, dari tata cara keseharian dan sebagainya," ujarnya.

Hari ini, dia menandaskan fokus mengundang Bonita agar mendapat paparan tentang pola hidup sehat.

"Saya dapat data tingginya angka kematian mayoritas disebabkan oleh organ reproduksi wanita yang kurang terjaga kesehatannya. Makanya saya punya ide menggandeng dokter Lula yang sudah populer ini untuk memberdayakan para Bonita agar mendapatkan ilmu dan informasi tentang kesehatan organ reproduksi," ucapnya.