KPU tetapkan DPT Pilgub Sumsel 21 april

id Daftar Pemilih Tetap,DPT,Komisioner Komisi Pemilihan Umum,Heny Susantih,Daftar pemilih,beria sumsel,berita palembang

KPU tetapkan DPT Pilgub Sumsel 21 april

Arsip- Kartu Pemilih. ( ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel pada 21 April mendatang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan Heny Susantih di Palembang, Selasa, mengatakan pihaknya sudah memantau daftar pemilih sementara hasil perbaikan di kabupaten dan kota di Sumsel.

Menurut dia, daftar pemilih yang ganda-ganda dibersihkan dan laporan dari masyarakat juga ditindaklanjuti.

Daftar pemilih yang ganda sekitar 194 ribu di Sumatera Selatan dan yang paling banyak di Ogan Komering Ilir dan Kota Palembang, katanya.

Ia menyampaikan, pemilih ganda itu bisa beda tempat dimana mereka yang mengurus pindah, jadi di tempat lama masih terdata dan tempat baru terdata juga.

Pada hari ini dilakukan pleno rekap daftar pemilih sementara hasil perbaikan di tingkat desa dan kelurahan. Selanjutnya nanti di tingkat kecamatan dan di tingkat kabupaten dan kota di Sumsel.

Untuk di tingkat kabupaten dan kota penetapan DPT akan dilaksanakan pada 19 April, sedangkan di tingkat provinsi pada 21 April 2018, katanya.

Sebelumnya KPU Sumsel telah menetapkan DPS pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 2018 sebanyak 5.713.765 orang.

Sebagaimana diketahui ada empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan yang akan bertarung pada pilkada 2018 adalah Herman Deru-Mawardi Yahya nomor urut satu yang diusung Partai Amanat Nasional, Nasdem dan Partai Hanura.

Kemudian pasangan Aswari Rivai-Irwansyah nomor urut dua yang diusung partai Gerindra dan PKS dan selanjutnya pasangan Ishak Mekki-Yudha Pratomo nomor urut tiga yang dicalonkan dari Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan dan PBB.

Sementara terakhir pasangan Dodi Reza Alex-Giri Ramanda mendapat nomor urut empat yang diusung oleh Partai Golkar, PDI Perjuangan dan PKB.

Pada pilkada serentak 2018 selain pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan juga diikuti oleh sembilan kabupaten dan kota di Sumsel.
(T.KR-SUS/R010)