Pertumbuhan UMKM dimaksimalkan

id umkm,ukm,pemprov maksimalkan umkm,pembinaan perajin,produk ukm,kerajinan,pemprov sumsel,pengusaha kecil,pedagang kaki lima,pkl

Pertumbuhan UMKM dimaksimalkan

Pekerja mengecat tutup kerajinan Leker di sentra kerajinan 19 Ilir Palembang, Sumsel, Selasa (23/5). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus memaksimalkan pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah agar perekonomian di daerah ini semakin berkembang.

Kepala Biro Perekonomian Setda Sumsel Afrian Joni di Palembang, Selasa, mengatakan pemerintah provinsi akan melakukan pembinaan dan pelatihan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menumbuhkan usaha mikro kecil dan menengah tersebut.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menyambut baik rencana program kerja yang sudah disusun Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sumsel.

Menurut dia, UMKM dan pedagang kaki lima yang direkrut menjadi peserta,"capacity building"?atau peningkatan kapasitas nantinya bisa diambil dari PKL yang ada di kawasan olah raga Jakabaring Palembang.

"Semuanya itu untuk mendukung suksesnya Asian Games terutama pemberdayaan ekonomi rakyat," ujar dia.

Dia mengatakan, selain itu dinas terkait diharapkan mendampingi setiap upaya meningkatkan UMKM yang ada. Baik corak, mutu maupun pemasaran harus didorong supaya usaha tersebut semakin mandiri.

Direktur Pengawasan Industri Jasa Keuangan OJK Regional 7 Sumbagsel Syahril menambahkan, program kerja pemberdayaan UMKM? dan penguatan ekonomi pedagang kaki lima melalui?"capacity building"?terkait dengan upaya memperoleh akses keuangan berupa fasilitas pembiayaan.

"Pelatihan dan `capacity building` ini rencananya akan dilaksanakan akhir Maret 2018 dengan peserta 200 unit usaha, masing-masing 100 UMKM dan pedagang kaki lima," katanya.