Membangun kampung ramah lingkungan

id kampung, kampung ramah lingkungan, ramah lingkungan, lingkungan, sekda kota,hijau,lingkungan hijau, pemkot palembang

Membangun kampung ramah lingkungan

Kampung Hijau Pinggiran Kota Palembang (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan terus mendorong warga kota setempat yang tersebar di 18 kecamatan membangun kampung ramah lingkungan.

"Warga kota didorong membangun kampung ramah lingkungan untuk menjadikan Bumi Sriwijaya ini bersih, hijau dan berudara bebas polusi," kata Sekretaris Daerah Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Senin.

Menurut dia, sejak penerapan pembangunan kampung ramah lingkungan pada 2013, hingga kini sudah ada lebih dari 30 kampung ramah lingkungan di kota ini.

Jumlah kampung ramah lingkungan itu akan terus diupayakan meningkat, sehingga warga kota ini dapat hidup lebih nyaman dan sehat serta menjadikan Palembang sebagai kota idaman, katanya.

Dia menjelaskan, kriteria kampung ramah lingkungan di antaranya memiliki lahan hijau, pengelolaan daur ulang sampah dan berhasil menambah ekonomi dari pekarangan rumah seperti memelihara ikan dan tanaman sayur-sayuran.

Warga kota ini diimbau untuk melakukan kegiatan sesuai dengan kriteria tersebut, sehingga nantinya kawasan permukiman penduduk di kota ini semuanya bisa menjadi kampung ramah lingkungan.

Mewujudkan wilayah kota ini bersih, hijau dan bebas pencemaran menjadi target jangka panjang Pemkot Palembang yang akan terus dilakukan bersama warga kota yang dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta pada Agustus 2018, kata Sekda.