SMA Palembang gandeng Sampoerna University

id SMA Palembang,Gusman Yahya,SMA Negeri 17,SMA Negeri 1,Kementerian Pendidikan,Widodo,institusi pendidikan tinggi,Sampoerna University

SMA Palembang gandeng Sampoerna University

Arsip- Pemberian penghargaan pada tim terbaik pada penutupan enterpreneurship project SMA Sumsel (Sampoerna Academy). (ANTARANews Sumsel/Feny Selly)

....Upaya ini adalah sebuah terobosan baru pendidikan di Sumatera Selatan....
Palembang (ANTARANews Sumsel) - Dua sekolah menengah atas di Palembang, Sumatera Selatan yaitu SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 17 menggandeng Sampoerna University untuk menerapkan kurikulum Cambridge dalam menyiapkan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Senior Country Manager Cambridge Assessment International Education (CAIE) Dian Indah Apriyani, di Palembang, Kamis, mengatakan kurikulum Cambridge telah diakui secara internasional di 160 negara dan diterapkan pada lebih dari 10.000 sekolah di dunia, dan 200 sekolah di antaranya di Indonesia.

"Kurang lebih 20.000 universitas telah mengakui lulusan kurikulum Cambridge, baik di luar maupun di dalam negeri, karena kurikulum ini membentuk keterampilan berpikir, berkomunikasi, memecahkan masalah. Tentunya ini menjadi modal utama siswa untuk bersaing secara global," kata dia.

Kurikulum Cambridge dibuat dan dikembangkan oleh Cambridge Assessment International Education yang berpusat di United Kingdom (UK) Inggris.

Organisasi ini adalah organisasi internasional yang merupakan bagian dari Cambridge Assessment Group di bawah naungan University of Cambridge.          

Kerja sama ini mendapatkan dukungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan karena memiliki target peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Sumsel. Apalagi Sampoerna University merupakan institusi pendidikan tinggi bertaraf internasional yang telah terakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo mengatakan program ini merupakan modal utama bagi siswa di Palembang untuk melanjutkan studi di berbagai negara.

Hal ini akan berdampak pada peningkatan jumlah lulusan internasional yang berasal dari Palembang.

"Upaya ini adalah sebuah terobosan baru pendidikan di Sumatera Selatan," kata dia.

Ia mengatakan setelah dilakukan penandatanganan kerja sama beberapa waktu lalu, kedua sekolah tersebut akan menerapkan Cambridge IGCSE hingga A Level kepada siswa mereka pada semester baru tahun akademik 2018/2019.

Pimpinan Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) Gusman Yahya mengatakan Sampoerna University secara aktif bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan internasional terkemuka untuk menghasilkan lulusan generasi muda yang kompeten dan mampu bersaing secara global.

Kerja sama antara Sampoerna University dengan SMAN 1 dan SMAN 17 Palembang tidak hanya akan membekali siswa dengan pengalaman belajar yang inovatif dan interaktif. "Tak kalah penting yakni akan memberi akses yang lebih luas bagi siswa ke universitas-universitas terbaik di mancanegara," kata dia.

Sampoerna University merupakan institusi pendidikan tinggi yang menawarkan gelar pendidikan terakreditasi dari Universitas ternama di Amerika Serikat melalui tiga fakultas yang dimilikinya, yaitu Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Bisnis, dan Fakultas Pendidikan.