ASEAN tetap berkomitmen bekerja dengan India

id asean,kerja sama asean dan india,berita palembang,berita sumsel,sekertaria asean,ekonomi di kawasan

ASEAN tetap berkomitmen bekerja dengan India

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Antarasumsel.com/Grafis/Ang)

Jakarta (Antaranews Sumsel) - Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi mengatakan ASEAN tetap berkomitmen bekerja sama dengan India untuk memastikan bahwa kemitraan kedua pihak tetap dinamis dan saling menguntungkan.
    
"India adalah mitra strategis utama ASEAN," katanya dalam  Pertemuan ke-5 Jaringan Lembaga Pemikir ASEAN-India di Jakarta, Sabtu.

Hoi mengatakan pertemuan tersebut berfungsi sebagai platform strategi untuk pertukaran pandangan untuk kerja sama ASEAN dan India.
     
Dia menuturkan mitra ASEAN telah memberikan kontribusi positif terhadap usaha ASEAN dalam membangun masyarakat berbasis peraturan dan komunitas ASEAN yang berorientasi pada masyarakat.

"Mereka (mitra ASEAN) juga berperan penting dalam menjaga stabilitas dan kemakmuran daerah. Hubungan kita dengan India tidak terkecuali," ujarnya.

Dia mengemukakan bahwa terorisme, ekstrimisme kekerasan, dunia maya dan keamanan maritim terus berlanjut dan berpengaruh pada keadaan damai dan stabilitas di kawasan ASEAN.

"Kita harus berusaha keras untuk memperkuat pemahaman kita untuk melawan dan mengatasi tantangan ini. Ke depan ASEAN dan India harus membangun apa yang telah dicapai sejauh ini. Hal ini penting bahwa kita mengatasi tantangan yang ada dan yang muncul secara efektif dan komprehensif," tuturnya.

Dia mengapresiasi dukungan kuat India terhadap sentralitas ASEAN dalam arsitektur kawasan yang berkembang dan mendorong India untuk melanjutkan partisipasi aktif dan kontribusi signifikannya terhadap mekanisme pengembangan kawasan ASEAN.

Di bidang ekonomi, India saat ini merupakan mitra dagang terbesar keenam dan terbesar ketujuh untuk investasi asing langsung bagi ASEAN.

Dia menuturkan implementasi yang efektif dari kawasan perdagangan bebas ASEAN-India akan membantu meningkatkan ekonomi di kawasan. Untuk melakukannya, fasilitasi perdagangan dan bisnis harus menjadi inti dari upaya tersebut.

"Meningkatkan kerja sama dalam konektivitas harus tetap menjadi prioritas strategis utama bagi ASEAN dan India," ujarnya.
(T.M052/N. Yuliastuti)