Dinas perdagangan OKU bangun pasar tanpa sekat

id pasar, dinas perdagangan, Dharmawan Irianto

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten OKU, Dharmawan Irianto (ANTARA Sumsel/Edo/Ang/17)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membangun pasar tanpa sekat batas untuk para pedagang menggelar barang dagangannya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Ogan Komering Ulu (OKU) Dharmawan Irianto di Baturaja, Kamis mengatakan pada tahun ini pihaknya membangun pasar baru tanpa adanya sekat batas lapak pedagang di Desa Tanjung Makmur Unit 16 Kecamatan Sinar Peninjauan.

"Pembangunan pasar ini dibangun seperti lapangan futsal tidak ada sekat batas lapak pedagang," katanya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan pembangunan saat ini masih dalam tahap pengerjaan dan ditargekan selesai pada akhir November 2017.

"Saat ini pengerjaannya sudah sekitar 90 persen dan ditargetkan akan selesai pada bulan ini," jelasnya.

Dharmawan mengemukakan, pembangunan pasar tersebut didanai oleh pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp1,1 miliar.

"Pasar tersebut menggunakan rangka baja dan cor beton pada lantainya. Mudah-mudahan dengan pembangunan ini dapat memudahkan para pedagang menggelar barang dagangannya," kata dia.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga membangun sejumlah fasilitas di lokasi pasar seperti toilet untuk umum, mushola dan sarana pendukung lainnya.

Setelah pembangunan selesai dikerjakan, lanjut dia, pasar tersebut nantinya akan diserahkan kepada pemerintahan desa setempat agar dikelola untuk kepentingan pedagang dan masyarakat.

"Sekitar Desember 2017 pedagang sudah bisa menempati pasar tersebut," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar