Objek wisata Palembang potensial tapi belum dimanfaatkan

id sekda, harobin munstafa, objek wisata, jembatan ampera, bkb, tugu belido, pulau kumoro

Objek wisata Palembang potensial tapi belum dimanfaatkan

Jembatan Ampera di waktu malam menjadi salah ikon Kota Palembang (FOTO ANTARA Sumsel//13/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Potensi objek wisata Kota Palembang cukup besar tapi hingga kini pemanfaatannya belum maksimal sehingga dibutuhkan dukungan investor guna meningkat minat wisatawan berkunjung ke "Bumi Sriwijaya" ini.

Karenanya, Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, mulai gencar mempromosikan potensi pariwisata untuk menarik investor dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, kata Sekda Kota Palembang Harobin Mastofa di Palembang, Jumat.

"Potensi pariwisata di kota ini cukup besar namun belum dimanfaatkan secara maksimal, untuk mempercepat pengembangan pariwisata di 'Bumi Sriwijaya' ini dibutuhkan dukungan investor," katanya,

Menurut dia, secara bertahap potensi pariwisata di daerah itu mulai dimanfaatkan dengan melakukan pembenahan dan penataan sesuai kemampuan keuangan daerah.

Selain itu, pihaknya juga berupaya mengajak perusahaan milik negara dan swasta yang ada kota itu untuk berpartisipasi dalam pemanfaatan dan pengembangan potensi pariwisata.

Dia mengharapkan melalui berbagai upaya tersebut, potensi pariwisata di kota itu bisa memberi kontribusi dalam peningkatan pendapatan asli daerah dan memajukan perekonomian rakyat.

Dia menjelaskan pendapatan asli daerah memungkinkan bisa ditingkatkan melalui optimalisasi pemanfaatan potensi pariwisata.

"Melalui pariwisata bisa menarik banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang tentunya selama berada di Palembang akan membelanjakan uangnya untuk menginap, makan, dan membeli cendera mata," katanya.

Ia mengharapkan melalui promosi potensi pariwisata, target kunjungan wisatawan mancanegara ke kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 itu, yang berjumlah sekitar 12.000 orang, bisa tercapai.