Bangka Tengah jadi sentra bawang dan cabai

id bawang, cabai, ekonomi, inflasi, perkebunan, pertanian

Bangka Tengah jadi sentra bawang dan cabai

Perkebunan cabe rawit (ANTARA FOTO/Rudi Mulya/Ang)

Koba (ANTARA Sumsel) - Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ditetapkan sebagai sentra bawang dan cabai karena potensi lahan yang masih luas dan subur untuk penanaman komoditas tersebut.
        
"Bangka Tengah ditetapkan sebagai daerah sentra bawang dan cabai sesuai dengan Kepmentan Nomor 45 Tahun 2015," kata Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah Rusli Khaidir di Koba, Kamis.
 
Ia menjelaskan saat ini pemerintah daerah berkomitmen menjalankan program pertanian, terutama fokus terhadap pengembangan areal tanaman cabai dan bawang merah.

"Di beberapa desa sudah dilakukan pengembangan tanaman hortikultura tersebut, namun dilakukan secara perorangan belum mendapat pembinaan yang maksimal dari pemerintah daerah," kata dia.

Oleh karena itu, katanya, ke depan pemerintah akan menetapkan kawasan tertentu dengan areal cukup luas sebagai sentra bawang merah dan cabai.

"Lahan kosong di daerah ini masih cukup luas, hanya tinggal strategi pemerintah untuk mengelolannya dan keseriusan masyarakat untuk fokus menjadi seorang petani," kata dia.

Pemerintah daerah mendorong masyarakat untuk membentuk kelompok petani khusus bawang merah dan cabai guna meningkatkan produksi tanaman hortikultura tersebut.

"Selain itu, dengan adanya kelompok tani khusus bawang merah dan cabai akan memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan serta menyalurkan bantuan sehingga masyarakat benar-benar mapan menjadi seorang petani," ujar dia.