Jalur LRT hampir rampung

id sekda, nasrun umar, lrt, kereta api ringan, rampung, jalur rlt

Jalur LRT hampir rampung

Aktivitas pembangunan proyek kereta api ringan (LRT) di salah satu zona pembangunannya di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (18/10). (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Palembang, 25/10 (Antara) - Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyatakan pemasangan fisik jalur kereta api ringan atau Light Rail Transit di Kota Palembang sudah hampir rampung.

"Jalur Light Rail Transit  (LRT) sebagian besar telah terhubung, hanya ada beberapa titik yang belum terhubung seperti di kawasan jalan Demang Lebar Daun depan Rumah Sakit Bunda," kata Sekretaris Daerah Sumsel Nasrun Umar di Palembang, Rabu.

Melihat perkembangan pembangunan fisik jalur LRT tersebut, pihaknya optimistis proyek tersebut bisa selesai tepat waktu sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Menurut dia, setelah pekerjaan fisik tersebut selesai, pihaknya akan mendorong pihak kontraktor menyelesaikan pemasangan rel LRT dan stasiun untuk menaikturunkan penumpang.

"Khusus pemasangan rel, sekarang ini telah selesai dikerjakan beberapa kilometer, begitu pula stasiunnya sedang dilakukan pemasangan atap dan penyelesaian sejumlah fasilitas umum," kata Sekda

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin menjelaskan bahwa pembangunan jalur LRT di Palembang mencapai 24,5 kilometer yang terdiri atas dua koridor menuju Kompleks Olahraga Jakabaring.

Koridor pertama mulai dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II hingga Masjid Agung SMB II/Kawasan Pasar 16 Ilir, sedangkan koridor kedua dari Masjid Agung menuju pusat tempat pertandingan Asian Games di kawasan Jakabaring.

"Jalur LRT memiliki anjang 24,5 km dengan 14 stasiun atau tempat pemberhentian dari bandara hingga ke Jakabaring dengan menelan dana sekitar Rp7 triliun," kata Alex.