OKU sudah miliki UTDC sendiri

id Unit Transfusi Daerah Cabang, UTDC, gedung Unit Transfusi Darah, pengambilan darah para pendonor,

OKU sudah miliki UTDC sendiri

Ilustrasi- Kegiatan donor darah .(Foto Antarasumsel.com/13/Humas KONI Sumsel))

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Kuryana Azis mengungkapkan dengan telah dimilikinya gedung Unit Transfusi Darah Cabang Mandiri PMI, maka pengambilan darah para pendonor tidak lagi melalui rumah sakit setempat.

Dipastikan pihak rumah sakit di Ogan Komering Ulu (OKU) tidak lagi melayani pengambilan darah para pendonor, karena sudah ada Unit Transfusi Daerah Cabang (UTDC) Mandiri Palang Merah Indonesia (PMI), kata Kuryana Azis di Baturaja, Minggu.

Kuryana yang juga Bupati OKU itu menjelaskan, pendirian kantor UTDC Mandiri di OKU merupakan yang ketiga di Sumatera Selatan.

"Namun, pendistribusian ke setiap rumah sakit tetap terlaksana melalui penyediaan Bank Darah di setiap Rumah Sakit," katanya.

PMI OKU, kata dia, resmi menjalin kerja sama dengan seluruh Rumah Sakit yang ada di OKU, sehingga masyarakat yang akan melakukan pengambilan darah atau donor tidak lagi di rumah sakit umum, tapi di kantor UTDC.

Ia berharap, dengan ditandatangani perjanjian kerja sama di gedung Unit Transfusi Darah (UTD) Mandiri PMI di Baturaja Timur, Sabtu (22/10) pelayanan kebutuhan darah ke masyarakat dapat lebih baik lagi, tentunya ini tidak lepas dari dukungan pihak-pihak terkait khususnya dari rumah sakit yang ada di OKU.

Kepala UTDC PMI OKU, dr Doddy Numirsyah melalui Kabid Pelayanan dan Manajemen Kualitas, Dedi Arisandi menyampaikan untuk pelaksanaan operasional diharapkan dapat dilakukan secepatnya, mengingat segala kesiapan mulai dari peralatan, SDM dan peraturan pelaksanaan telah memenuhi syarat yang ditetapkan.

Diharapkan mulai Senin (24/10) kantor UTDC itu sudah siap beroperasi, jadi masyarakat yang ingin melakukan donor darah silahkan ke UTDC PMI, bukan ke rumah sakit lagi, katanya.