Bakrie Telecom luncurkan ESIAtalk

id Bakrie telecom, Bakrie Telecom

Bakrie Telecom luncurkan ESIAtalk

PT Bakrie Telecom Tbk luncurkan produk baru aplikasi ESIAtalk (Foto:antarasumsel.com/Muhammad Suparni)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Bakrie Telecom Tbk. (BTEL) sebagai salah satu operator jasa telekomunikasi di Indonesia meluncurkan aplikasi ESIAtalk.

Aplikasi karya anak bangsa ini berani tampil ke depan dan siap bertarung di tengah gempuran aplikasi mobile bawaan pengembang asing serta siap melakukan terobosan-terobosan ke depan, kata Dirut Bakrie Telecom Jastiro Abi melalui siaran persnya diterima Antara Palembang, Selasa.

Dijelaskannya, Bakrie Telecom yang sebelumnya adalah pemain layanan sambungan telepon tetap tanpa kabel atau fixed wireless access (FWA), sejak April 2015 lalu telah mendapatkan izin sebagai penyelenggara jasa seluler.

Lisensi seluler itu memungkinkan pelanggan operator ini untuk menggunakan nomornya di mana pun berada di wilayah Indonesia, dan tidak tergantung kode area. Dengan adanya lisensi tersebut, Bakrie Telecom berencana meluncurkan layanan seluler dengan teknologi 4G LTE.

“Rencananya tahun depan kita akan meluncurkan layanan seluler 4G LTE dengan merek baru, bekerja sama dengan penyelenggara jaringan yang lain,” kata Direktur Utama Bakrie Telecom Jastiro Abi.

Jastiro mengungkapkan untuk menjawab tantangan di Era digital seperti saat ini, Bakrie Telecom juga akan fokus dalam pengembangan bisnis digital. Salah satu yang dilakukan terkait hal tersebut adalah dengan meluncurkan aplikasi ESIAtalk.

ESIAtalk hadir untuk menjawab kebutuhan komunikasi masyarakat yang kian dinamis. Mulai dari percakapan singkat melalui teks (chatting), hingga panggilan suara yang memanfaatkan jaringan internet (VoIP). Berbeda dengan aplikasi sejenis buatan asing yang penggunanya hanya bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna, ESIAtalk memberikan alternatif komunikasi yang lebih luas.

Tidak hanya dengan sesama pengguna, aplikasi berbasis smartphone buatan Bakrie Telecom ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon gratis ke berbagai nomor lainnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Sejak diluncurkan pada April 2015, ESIAtalk mampu meraih pencapaian yang cukup menggembirakan. Hanya dalam kurun waktu dua bulan sejak diluncurkan, aplikasi ini telah mengantongi lebih dari 200 ribu pengguna aktif dan bahkan sempat bertengger di jajaran 20 aplikasi teratas di Google Play Store.

“Dengan aplikasi ESIAtalk, para pengguna smartphone bisa menikmati fitur komunikasi yang semakin leluasa seperti fitur telepon ke semua nomor, hingga chatting gratis ke sesama pengguna bisa dilakukan. Semuanya hanya membutuhkan koneksi internet,” ujar Direktur Bakrie Telecom Harya Mitra Hidayat.

Harya mengungkapkan, panggilan telepon melalui jaringan internet (VoIP) merupakan fitur unggulan ESIAtalk. Ini mencermati trend global di mana komunikadi dengan VoIP mulai meningkat dengan sangat pesat.

Fitur unggulan ESIAtalk tersebut memungkinkan panggilan telepon gratis ke sesama pengguna ESIAtalk dan tarif yang murah ke nomor lokal maupun internasional. Fitur ini diharapkan bisa menjadi alternatif jitu bagi seluruh pengguna smartphone untuk berkomunikasi dari dan ke mana saja secara cerdas.

“Melakukan panggilan telepon dengan ESIAtalk seakan tak ada batas. Cukup download aplikasi di Google Play atau Play Store lalu aktifkan ESIAtalk, pengguna bisa menelpon dan ditelepon dari nomor manapun lokal maupun internasional.” kata Harya menjelaskan.

Fitur unggulan ESIAtalk ini bisa dinikmati dengan kualitas suara jernih yang bisa berjalan secara maksimal di jaringan 3G, 4G, atau WiFi. Selain itu, ada nomor virtual unik bagi setiap pengguna, nomor ini bahkan bisa dihubungi kembali oleh si penerima atau lawan bicara.

“Pencapaian ini tentu merupakan awal yang baik bagi perkembangan ESIAtalk ke depannya, terlebih aplikasi ini dibuat seluruhnya oleh anak-anak Indonesia semestinya ini bisa menjadi sesuatu yang sangat membanggakan dengan menawarkan suatu inovasi yang sangat menjawab kebutuhan pengguna,” kata Harya.

Ini juga merupakan tekad Bakrie Telecom untuk terus berkontribusi dalam mempercepat pembangunan nasional dengan memfasilitasi masyarakat menyampaikan pesan langsung melalui suara.

“Tekad kuat ini merupakan alasan mengapa ESIAtalk hadir di tengah ranah industri digital dan pasar aplikasi mobile Tanah Air,” ungkapnya.