PT Wika Realty akan IPO kuartal IV 2015

id pt wika, anak perusahaan p[t wika, wika realty, tawarkan saham perdana, ipo, kwartal empat 20154, rencanakan ipo kwartal empat 20154

...Persiapan rencana IPO sedang dilakukan meliputi penetapan penasehat keuangan, konsultan hukum dan penjamin pelaksana emisi (underwriter) dan akuntan publik...
Jakarta(ANTARA Sumsel) - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) berencana menawarkan saham perdana kepada publik (IPO) anak usahanya PT Wika Realty pada kuartal IV 2015 dengan target perolehan dana Rp1 triliun.
        
"Persiapan rencana IPO sedang dilakukan meliputi penetapan penasehat keuangan, konsultan hukum dan penjamin pelaksana emisi (underwriter) dan akuntan publik," kata Direktur Keuangan WIKA Adji Firmantoro, saat paparan Proyeksi Bisnis 2015, di Jakarta, Kamis.
        
Menurut Adji, jumlah saham Wika Realty yang akan dilepas kepada publik berkisar 40 persen, sehingga WIKA sebagai induk perusahaan tetap menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan mayoritas sebesar 60 persen.
        
Dana hasil IPO akan digunakan antara lain mendanai pengembangan bisnis di sektor properti, dan untuk akuisisi lahan.
        
"Wika Realty harus meningkatkan "land bank' (persediaan lahan) dalam jumlah besar untuk keperluan pengembangan properti seperti perkantoran dan gedung bertingkat. Lahan yang diakuisisi harus lebih luas dan pada posisi strategis," ujar Adji.
        
Untuk mendorong percepatan akusisi lahan tersebut, Wika Realty akan mendapat suntikan modal dari induk usaha WIKA sebesar Rp150 miliar pada akhir kuartal I 2015.
        
Ia menambahkan, saat ini kontribusi Wika Realty terhadap total pendapatan induk usaha masih relatif kecil sekitar 6,5 persen.
        
"Dengan IPO diharapkan bisnis properti secara konsolidasi bisa meningkat menjadi 12 persen per tahun," katanya.