Obor Olimpiade kembali ke bumi

id obor olimpiade, astronot. obor olimpiade kembali dari luar angkasa

Obor Olimpiade kembali ke bumi

Awak stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Koichi Wakata astronot Jepang (atas) dan kosmonot Rusia Mikhail Tyurin, berdiri di tangga pesawat ruang angkasa Soyuz TMA-11M dengan obor Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014.(REUTERS / Shamil Zhumatov)

.....obor Olimpiade yang baru saja dipamerkan di ruang hampa udara.....
(ANTARA Sumsel) - Kapsul Soyuz membawa kembali tiga orang kru dari Stasiun Antariksa Internasional ke Bumi pada Senin bersama dengan obor Olimpiade yang baru saja dipamerkan di ruang hampa udara sebagai bagian dari persiapan Rusia untuk menggelar Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi.

Soyuz TMA-09M tiba di padang rumput Kazakhstan sesuai dengan jadwal, pada pukul 8.49 pagi (waktu setempat) setelah tiga setengah jam lepas landas dari stasiun antariksa, seperti yang terekam kameran TV Rusia dan NASA.

"Obor Olimpiade kembali pulang setelah empat hari melakukan perjalanan," ujar penyiar berita NASA TV. Ia mengatakan Soyuz mendarat dengan sempurna di wilayah tengah Kazakhstan, dekat kota terpencil Zhezkazgan.

Personel asal Rusia kemudian mengeluarkan kosmonaut Fyodor Yurchikhin dari dalam kapsul, membawanya ke kursi lipat dan menyelimutinya dengan seliput tebal untuk menghindari suhu dingin yang mencapai minus empat derajat Celsius.

Obor yang terinspirasi dari Burung Api dalam legenda Rusia tersebut juga dibawa keluar dari dalam kapsul dan diserahkan kepada Fyodor. Ia berseri-seri di depan kamera sambil menggenggam obor itu.