Fomenko sisihkan Eriksson melatih Ukraina

id Mikhail Fomenko

Kiev (ANTARA/AFP) - Mikhail Fomenko pada Rabu menyisihkan mantan pelatih Inggris Sven Goran Eriksson dan terpilih untuk menangani Ukraina di kualifikasi Piala Dunia 2014 setelah federasi sepak bola nasional Ukraina FFU melakukan pertemuan, demikian dilaporkan kantor berita Interfax.

Para anggota FFU dengan suara bulat memberikan suara kepada pria 64 tahun tersebut, yang sebelumnya melatih sejumlah klub Ukraina yakni Dynamo Kiev, CSKA Kiev, dan Tavria Simferopol, serta pernah melatih timnas Guinea.

Eriksson yang sarat pengalaman merupakan satu-satunya kandidat pesaing untuk posisi tersebut.

Fomenko, yang menikmati masa-masa jaya sebagai pemain di mana ia pernah menjuarai Piala Winners Eropa dan Piala Super Eropa pada 1975 bersama Dynamo Kiev, menandatangani kontrak satu tahun, yang dapat diperpanjang untuk dua tahun ke depan jika Ukraina lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Fomenko menggantikan ikon sepak bola Ukraina Oleg Blokhin, yang mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi pelatih timnas untuk melatih Dynamo Kiev pada September.

Fomenko menghadapi tugas nyaris mustahil untuk meloloskan Ukraina ke Brazil, dengan waktu yang hanya tersisa dua tahun lagi.

Ukraina saat ini menduduki peringkat kelima di grup kualifikasi mereka dengan hanya koleksi dua poin dari tiga pertandingan, tertinggal delapan poin dari pemuncak grup Montenegro, meski Ukraina masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan.
(ANT/A020)