Kemilau Sulawesi perlu ditiru daerah lain

id kemilau sulawesi, perlu ditiru

Makassar (ANTARA Sumsel) - Pameran Pariwisata "Kemilau Sulawesi" 2012 yang merupakan sebuah kegiatan promosi potensi yang dimiliki setiap daerah di Sulawesi perlu ditiru oleh daerah lain.

"Pameran Kemilau Sulawesi seperti ini perlu dicontoh daeah lain, juga sekaligus sebagai wahana pemersatu kewilayahan daerah dengan harapan semua produk unggulan yang dihasilkan setiap daerah bisa di pamerkan di sini," kata Rudi, pengunjung di ajang pameran Kemilau Sulawesi yang dipusatkan di Trans Studio Mall di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Menurut Rudi yang mengaku pengunjung dari luar Kota Makassar itu, ajang Kemilau Sulawesi perlu ditumbuhkan sehingga kehadiran kegiatan yang dilaksanakan sekali dalam setahun itu dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh wilayah yang ada di Sulawesi.

"Kegiatan pameran potensi pariwisata ini harus lebih ditingkatkan dan dapat dijadikan sebagai wahana untuk memantapkan kerja sama daerah yang satu dengan daerah lain di Sulawesi," katanya.

Kepala Bidang Promosi Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara (Sultra), Trisman Balagi yang didampingi Kepala Bidang Destinasi, Aditya, saat ditemui terpisah mengatakan, ajang Kemilau Sulawesi 2012,  Sultra ambil bagian dengan memamerkan berbagai produk unggulan yang dimiliki seperti hasil kerajinan kain tenun dari berbagai suku di Sultra, anyaman dan produk cinderamata lainnya.

Ia mengatakan, kegiatan yang juga merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif itu diikuti enam wakil dari provinsi di sulawesi yakni Sulawesi Utara,  Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo  dan Sulawesi Selatan  sebagai penyelenggara.

Kegiatan pameran Kemilau Sulawesi yang dibuka Dirjen Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif (12/5), berlangsung selama empat hari (12-15 Juli 2012), mendapat apresiasi positif dari seluruh peserta termasuk pengunjung yang kebetulan datang memanfaatkan hari libur serta menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1433 hijriah.

Pantauan di lokasi pameran Kemilau Sulawesi di hari kedua, tampak dilakukan lomba pakaian busana adat masing-masing dari daerah provinsi untuk tingkat anak-anak TK dan SD.

Selain itu pula akan dilakukan lomba lagu-lagu daerah, pemilihan putri cilik, lomba masakan daerah, kerajinan khas daerah, dan lomba kegiatan lainnya.

Kegiatan Kemilau Sulawesi yang sudah merupakan agenda tahunan itu, pada Juli tahun 2011 dipusatkan di Mamaju Provinsi Sulawesi Barat yang dibuka Menko Kesra HR Agung Laksono.(ANT-A056).