Baturaja (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menerima kiriman sebanyak 555.724 lembar surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 di wilayah itu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu Rahmad Hidayat di Baturaja, Minggu, mengatakan ratusan ribu lembar surat suara itu tiba pada Sabtu (19/10) sekitar pukul 17.40 WIB.

Surat suara itu diangkut menggunakan satu unit truk boks dengan pengawalan ketat personel Brimob Kepolisian Daerah Sumsel untuk memastikan keamanan selama perjalanan menuju Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Proses penerimaan logistik pilkada dilakukan dengan pengecekan kondisi awal untuk memastikan semua surat suara dalam keadaan baik.

"Hasil pengecekan awal menunjukkan bahwa semua surat suara yang diterima dalam kondisi baik atau tidak ada yang rusak," kata Rahmad.

Surat suara yang kini sudah tersimpan di gudang logistik KPU Ogan Komering Ulu di Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur, itu terdiri atas 276.862 lembar surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu serta 276.862 lembar surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.

Selain itu, terdapat tambahan sebanyak 2.000 lembar surat suara cadangan yang disiapkan jika ada pemungutan suara ulang pada pemilihan bupati dan wakil bupati.

"Total keseluruhan surat suara yang kami terima sebanyak 279 koli atau 555.724 lembar. Sebelumnya kami juga sudah menerima 3.416 kotak dan bilik suara untuk kebutuhan Pilkada 2024," tambahnya.

Dalam hal pengamanan, Rahmad mengatakan KPU bekerja sama dengan jajaran kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan logistik yang tersimpan di gudang.

Selain itu, KPU juga telah merekrut tenaga penjaga khusus untuk memastikan logistik tetap aman hingga hari pemilihan nanti.

"Pengamanan ketat dilakukan untuk memastikan seluruh logistik yang tersimpan di gudang dalam keadaan baik dan aman hingga proses pendistribusian nanti," ujarnya.

Pewarta : Edo Purmana
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024