Kendari (ANTARA) - Basarnas Kendari menurunkan Tim SAR melakukan pencarian terhadap seorang lanjut usia (lansia) yang hilang di perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Basarnas Kendari Aminuddin P.S saat dihubungi di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa lansia yang hilang itu Bernama Abdullah (70), yang dilaporkan hilang oleh keluarganya pada hari ini pukul 08:25 WITA.

"Kami menerima informasi yang melaporkan telah terjadi kondisi membahayakan manusia terhadap satu orang yang hilang di perkebunan kelapa sawit," kata Aminuddin.

Dia menyebutkan bahwa berdasarkan laporan tersebut, pihaknya kemudian menurunkan Tim Penyelamat Pos SAR Konawe Utara menuju lokasi untuk memberikan bantuan SAR, pada pukul 08:40 WITA.

"Jarak tempuh lokasi dengan Pos SAR Konawe Utara sekitar 61 kilometer," ujarnya.
Aminuddin mengungkapkan bahwa dalam operasi pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR dalam kondisi cuaca hujan ringan dengan menggunakan alat utama, yakni mobil penyelamat, peralatan SAR medis, peralatan SAR evakuasi, peralatan komunikasi, dan peralatan pendukung keselamatan lainnya.

Ia juga menjelaskan bahwa hilangnya korban bermula saat korban meninggalkan rumah, pada Sabtu (5/10) sekitar pukul 17:00 WITA.

"Sudah lama, tidak Kembali sampai sekarang," ungkap Aminuddin.

Dia menyampaikan bahwa warga setempat bersama pihak keluarga korban telah melakukan pencarian hingga Rabu (9/10) lalu. Namun, yang ditemukan hanya sendal milik korban di kawasan perkebunan sawit di Kecamatan Langgikima.

"Korban juga merupakan warga Kelurahan Langgikima, Kecamatan Langgikima," tambah Aminuddin.

Ia menuturkan bahwa saat ini Tim SAR masih melakukan pencarian terhadap korban.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024