Palembang (ANTARA) -
Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Selatan mensosialisasikan penggunaan alat kontrasepsi ke pelajar dan mahasiswa guna mencegah seks bebas dan memperingati Hari Kontrasepsi Dunia 26 September 2024.
 
"Kami bukan menyarankan pemakaian alat kontrasepsi pada pelajar dan mahasiswa ya. Tapi kami mengedukasi kapan penggunaan serta manfaatnya dalam momen memperingati hari kontrasepsi dunia 26 September 2024 hari ini," kata Kepala BKKBN Sumsel Mediheryanto di Palembang, Kamis.
 
Ia menambahkan bahwa dalam momen memperingati hari kontrasepsi dunia, BKKBN mengadakan program suntik KB gratis serentak di Indonesia yang sudah terlaksana pada tanggal 9-20 September 2024.
Ia menyebutkan dalam program tersebut, BKKBN Sumsel mampu menjangkau semua fasilitas kesehatan di semua desa. Sehingga banyak sekali warga Sumsel yang mendapatkan layanan KB gratis.
 
"Warga mendapatkan pelayanan di semua pos ya jadi warga yang selama ini tidak mendapatkan layanan, melalui program itu dapat terlayani," katanya.
 
Ia berharap dalam momen memperingati hari kontrasepsi dunia, warga menjadi sadar akan pentingnya penggunaan alat kontrasepsi. Kemudian semua fasilitas kesehatan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga.
 
"Karena pelayanan kepada warga dan masyarakat itu yang utama, dan semoga tingkat kesadaran menggunakan alat kontrasepsi dapat meningkat karena itu penting sekali," katanya.

Pewarta : M. Imam Pramana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024