Palembang, Sumsel (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Muba Muba melakukan terobosan inovatif dalam mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Muba.

Salah satu langkah strategis yang mereka ambil adalah dengan memanfaatkan media podcast sebagai alat bantu untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis UMKM di Muba.

Dalam podcast special yang bertajuk "Menggerakkan UP2K/UMKM Lokal Melalui Toko PKK: Bersama Ketua PKK Muba" ini host Radio Gema Randik 97 FM Febie Alfina nampaknya sangat asyik berbincang bareng tamu spesial yaitu istri orang nomor satu di kabupaten Muba Hj Triana Sandi Fahlepi, Senin (23/09/2024) langsung dari gedung toko PKK atau warung PKK.

Usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), dan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelaku usaha kreatif menjadi salah satu fokus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Muba Hj Triana Sandi Fahlepi.

Menurutnya, Keberadaan UMKM diyakini bisa menjadi lokomotif penggerak roda perekonomian. Sejumlah program ekonomi untuk UMKM disiapkan oleh Pj ketua TP PKK Hj Triana Sandi Fahlepi bersama anggota PKK Muba yang membidangi. Salah satunya meluncurkan gedung toko PKK atau warung PKK.

Toko PKK yang berada di jantung Kota Sekayu ini menjadi pusat informasi, wadah untuk memasarkan produk-produk UMKM se Kabupaten Muba. Lokasinya strategis demi mendongkrak angka penjualan. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi ingin mendapatkan produk yang dibuat UMKM dari kecamatan- kecamatan, cukup datang ke toko PKK di depan kantor Bupati Muba sudah bisa mendapatkan produk yang diinginkan.

Untuk harga, dibuat sangat bersahabat dan sangat terjangkau.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Sandi Fahlepi bersama anggota PKK Muba dalam program spesial Dinkominfo dalam menyambut HUT Muba ke 68.

“Kami tentunya sangat bangga dan bahagia atas kehadiran Pj Ketua TP PKK beserta anggotanya dalam program spesial ini. Kami berharap melalui Radio Gema Randik, Muba TV dan media sosial kominfo lainnya, UMKM di Musi Banyuasin dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Ini adalah salah satu upaya kami dalam mendukung kebangkitan ekonomi lokal, sekaligus memperkenalkan inovasi-inovasi UMKM yang tidak hanya kreatif, tapi juga sehat dan memberdayakan masyarakat,"pungkasnya.

Pewarta : Pewarta Sumsel
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024