Martapura (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mengerahkan sebanyak 180 orang personel gabungan untuk pengamanan di Kantor Sekretariat KPU setempat selama tahapan pendaftaran calon peserta Pilkada 2024.

"180 personel ini disiagakan dalam pengamanan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur di KPU setempat pada 27-29 Agustus 2024," kata Kapolres OKU Timur AKBP Kevin Leleury di Martapura, Rabu.

Dia mengatakan pengamanan dilakukan oleh tim gabungan dari TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan (Dishub) OKU Timur.

"Rinciannya 150 orang dari personel Polres OKU Timur, 20 anggota TNI serta 10 orang anggota Sat Pol PP, dan Dishub OKU Timur," katanya.


Dia menjelaskan, pengamanan dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama proses pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur berlangsung.

Termasuk pihaknya menyiagakan personel Satlantas Polres OKU Timur untuk mengatur arus lalulintas di ruas jalan, terutama di sekitar Kantor Sekretariat KPU OKU Timur untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

Selain itu, lanjut dia, personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Musi 2024 itu juga melakukan pengawalan terhadap para pendukung yang mengantar paslon menuju lokasi pendaftaran.

"Pengawalan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) seperti dari gesekan antar pendukung pasangan calon," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengimbau seluruh tim dan pendukung paslon untuk bersama-sama menjaga kondusifitas dalam Pilkada serentak 2024 agar berlangsung aman dan damai.


Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024