Ogan Komering Ulu (ANTARA) - Sebanyak 96.613 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Raya, Sumatera Selatan, menerima bantuan pangan dari pemerintah berupa beras untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kepala Bulog OKU Julkhaidar Romadhon di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa OKU Raya tersebut mencakup tiga kabupaten yaitu OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Dia menjelaskan setiap kabupaten disalurkan sebanyak 243 ton untuk wilayah OKU, 397 ton OKU Timur dan 324 ton untuk Kabupaten OKU Selatan.

"Total beras bantuan pangan untuk OKU Raya ini sekitar 966 ton yang diperuntukkan bagi 96.613 KPM," katanya.
Mekanisme penyaluran bantuan pangan tersebut masih sama seperti sebelumnya yaitu setiap warga mendapat jatah beras sebanyak 10 kilogram.

Beras yang disalurkan tersebut dipastikan sangat layak dikonsumsi karena telah dilakukan pengecekan kualitas terlebih dahulu sebelum didistribusikan kepada masyarakat penerima bantuan di wilayah itu.

Dalam pendistribusian bantuan pangan pihaknya masih melibatkan PT Pos Indonesia wilayah setempat sebagai pihak penyalur agar penyalurannya lebih cepat dan maksimal.

"Kami mengimbau masyarakat penerima bantuan di tiga kabupaten ini untuk segera mengambil jatah beras di Kantor Pos wilayah masing-masing," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat di tengah lonjakan harga pangan di pasaran, khususnya pada komoditas beras yang saat ini sedang melonjak di pasaran.

"Bantuan pangan ini akan terus digulirkan pemerintah hingga periode Oktober dan Desember 2024," ujarnya.

Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024