Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan menampilkan jumputan Gambo di Ekspo HUT ke-44 Dekranas 2024 di Pura Mangkunegaran Solo. 

"Hari ini tim Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dekranasda Muba tampil di peragaan busana HUT ke-44 Dekranas, Solo," kata Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga, di Sekayu, Kamis.

Dia menjelaskan, produk unggulan kain jumputan Gambo Muba terus dikembangkan dan dipromosikan oleh Pemkab Muba melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten setempat.

Kali ini busana ramah lingkungan (eco fashionhasil produksi UMKM binaan Ketua Dekranasda Muba Triana Minarni Sandi Fahlepi tampil di peragaan busana dalam rangkaian HUT Dekranas di Solo.
Model tim Muba yang melenggak lenggok mengenakan jumputan Gambo kain khas Bumi Serasan Sekate itu menjadi sorotan dan memukau para pengunjung ajang nasional tersebut.

Sementara Ketua Dekranasda Muba Triana Minarni Sandi mengatakan dalam ajang tersebut pihaknya berkolaborasi dengan desainer Brilianto untuk melahirkan produk mode ramah lingkungan dengan detail, modern dan unik.

"Mode ini tanpa meninggalkan ciri khas sebagai kain jumputan khas Musi Banyuasin yang menggunakan pewarna alam limbah getah gambir (Gambo)," katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muba Azizah menambahkan peragaan busana pada acara itu untuk wilayah Sumatera, hanya diikuti oleh Kabupaten Muba dan Riau.

"Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi kami karena mampu bersaing, mengingat Pulau Jawa ini pusatnya batik tapi Gambo Muba mendapat perhatian karena mempunyai ciri khas tersendiri," katanya.

Sementara Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang hadir dalam kesempatan itu merasa bangga dengan penampilan peragaan busana Gambo Muba.

"Tentu saya sangat bangga, melihat produk kerajinan dari Kabupaten Musi Banyuasin mampu bersaing dengan batik-batik di Pulau Jawa," kata Fatoni.

Pewarta : Yudi Abdullah
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024