Palembang (ANTARA) -
Aparat Kepolisian Daerah Sumatera Selatan meningkatkan pengamanan lalu lintas memakai metode sosialisasi preemtif dan preventif agar masyarakat merasakan jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas.
 
“Kami mengedepankan kegiatan sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baleho, penyebaran leaflet dan pembagian sticker serta sosialisasi melalui media cetak, elektronik dan media sosial dalam upaya meningkatkan pengamanan lalu lintas," kata Direktur Lalulintas Polda Sumsel Kombes M Pratama Adhyasastra di Palembang, Senin.
 
Ia menambahkan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet dan rawan kecelakaan maupun yang rawan pelanggaran juga ditingkatkan, disamping itu juga penindakan pelanggaran lalu lintas baik dengan etle statis, mobile serta blangko teguran.
  Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmat A Wibowo dalam amanat nya yang disampaikan Irwasda Polda Sumsel Kombes Ferri Handoko mengatakan, bahwa pemerintahan negara di bidang lalu lintas dan angkutan jalan harus mampu mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, dan kelancaran, serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas).
 
"Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa konsep operasi meningkatkan pengamanan lalu lintas dengan mengedepankan giat preemtif, preventif, dan penegakan hukum.
 
"Konsep pelaksanaannya secara preemtif 40 persen, reventif 40 persen, dan penegakan hukum 20 persen, yakni etle statis atau etle mobile berikut teguran terhadap masyarakat yang melanggar lalu lintas dan cara bertindak, kami terjun pada titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas untuk meningkatkan ketertiban masyarakat berlalu lintas,” katanya.
 
Ia mengharapkan pelaksanaan operasi keselamatan supaya masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dan lebaran nanti.

Pewarta : M. Imam Pramana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024