Palembang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk irigasi sawah yang mampu mengaliri seluas 119 hektare lahan sawah bagi para petani di daerah itu.
 
Penjabat Bupati Muara Enim Ahmad rizali usai peresmian di Muara Enim, Senin mengatakan bahwa PLTS irigasi itu merupakan program CSR dari BUMN PT Bukit Asam (PTBA) di Desa Muara Lawai, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.
 
"Keberadaan PLTS ini akan mampu mengalirkan air ke area persawahan seluas 119 hektare dan mampu membuat para petani panen hingga tiga kali dalam setahun," katanya.
  Ia juga mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi PTBA maupun masyarakat yang telah sukarela menghibahkan lahan nya untuk lokasi panel surya.
 
"Seluruh masyarakat, silakan manfaatkan PLTS ini semaksimal mungkin kemudian jaga dan pelihara bersama-sama PLTS ini," katanya.
 
Ia menyebut keberadaan PLTS Irigasi ini akan sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian dengan target lahan ter aliri sekitar 119 hektar dengan jumlah petani penerima manfaat sebanyak 268 orang.
 
"Semula frekuensi tanam satu kali setahun, mudah-mudahan nantinya menjadi tiga kali setahun dengan asumsi produksi gabah 5 ton per hektare," harapnya.
 
Sementara itu, Direktur SDM PTBA, Suherman menyampaikan bahwa PLTS ini adalah yang ke tujuh yang dibangun oleh PTBA.
 
Ia mengungkapkan, PLTS ini memiliki kapasitas terpasang sebesar 57,5 KW dan luas lahan panel seluas 413,2 M2. PLTS ini mampu mengaliri lahan seluas 119 hektar.
 
"PLTS ini tidak hanya meningkatkan ekonomi masyarakat, tetapi juga mendukung pertanian ramah lingkungan," tutupnya.

Pewarta : M. Imam Pramana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024