Palembang (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sri Mulyono Herlambang Palembang, Sumatera Selatan sebagai pangkalan aju siap mendukung secara penuh Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat.

Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I dan Kopasgat dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna dan berhasil, kata Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo di Palembang, Sabtu.

Dia menjelaskan bahwa latihan tersebut merupakan program kerja bidang operasi dan latihan Koopsud I yang dilaksanakan dua tahap melalui gladi posko dan gladi lapangan. 

Untuk gladi posko telah dilaksanakan padal 23 - 25 Mei 2023, dengan diakhiri Tactical Air Manuvering Game (TAMG) di Makoopsud I. 

Sedangkan untuk gladi lapangan dijadwalkan berlangsung pada 28 - 29 Mei 2023 di Air Weapon Range (AWR) Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoedin (ASH) Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Guna menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi di wilayah tugasnya serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperability antar satuan, dalam merancang dan mengendalikan serta melaksanakan latihan dengan metode gladi posko dan gladi lapangan dengan sifat satu pihak dikendalikan, katanya.

Menurut dia, latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I dan Kopasgat, dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna dan berhasil.

Semua unsur hendaknya mengerti dan memahami betul, apa saja yang harus dilaksanakan pada saat latihan berlangsung, sehingga latihan ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan tetap mengutamakan keselamatan (safety) dalam setiap pelaksanaannya.

"Salah satu faktor utama yang menandakan latihan berhasil adalah, terciptanya safety baik personel maupun meteriil dari semua item dan lini dalam pelaksanaan latihan tersebut," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo menyambut kedatangan Tim Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat TA.2023.

Penyambutan tim di apron Alpha dan Bravo Lanud Sri Mulyono Herlambang di antaranya Komandan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Asri Efendi Rangkuti, Komandan Skadron Udara 12 Mayor Pnb Made Yogi Indra P, Komandan Skadron Udara 16 Mayor Pnb Bambang A. Yudhistira, dan Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb Muhamad Syaifudin dari Lanud Supadio Pontianak, beserta seluruh tim pendukung dan seluruh anggita (crew) lainnya.

Kemudian Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo mengizinkan pelajar dan masyarakat umum berkunjung ke pangkalan udaranya (Open Base) untuk melihat pesawat tempur dan pesawat/peralatan pendukung yang digunakan  untuk Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat selama dua hari pada 27-28 Mei 2023 mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024