Pesan Menko Puan untuk keluarga Indonesia

814 Views

Menko PMK Puan Maharani berfoto bersama di sela-sela acara peringatan puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017 yang dilaksanakan di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Sabtu (15/7) (Antara)

Bandar Lampung (Antara) - Keluarga merupakan tempat pertama pendidikan dimulai. Dari keluargalah lahir masyarakat yang berkarakter. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani di sela-sela acara peringatan puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017 yang dilaksanakan di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, Sabtu (15/7).

Keluarga, kata Puan, mempunyai peran penting dalam memulai pendidikan karakter tersebut. "Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memerhatikan pendidikan kesehatan. Dari keluarga, masyarakat diajarkan tentang perilaku hidup sehat. Dengan cara mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna, serta ditambah susu," katanya.

Tak hanya jasmani, keluarga juga wajib mengajarkan pendidikan lahir dan batin, yang meliputi pendidikan agama. Pendidikan agama sangat dibutuhkan saat ini, karena adanya radikalisme yang berkembang di masyarakat. 

"Selain agama, pendidikan Pancasila pun dibutuhkan untuk anak anak kita," lanjutnya. 

Perempuan yang juga politikus PDIP ini juga mengajak para orang tua untuk menjamin kualitas hidup anak-anaknya. Orang tua harus bisa memastikan kebutuhan pendidikan serta kesehatannya. 

Puan mengakui, saat ini kondisi pertumbuhan keluarga di Indonesia memang belum baik. Misalnya, di salah satu daerah ada orang tua yang anaknya banyak namun kualitas pertumbuhan mereka kurang terjamin. "Sedangkan di satu daerah, ada orang tua yang sudah bisa mengukur kemampuannya untuk menjamin kualitas hidup anak anaknya ke depan," tuturnya. 

Untuk itu, agar kualitas terjamin, Puan menghimbau para orang tua melaksanakan himbauan BKKBN untuk program "Dua Anak Cukup". "Bila ini dilaksanakan akan membentuk anak anak yang berkarakter," katanya.

Pada acara HARGANAS XXIV, Puan juga memberikan bantuan berupa Makanan Pendamping ASI sebanyak 200 paket, Makanan Tambahan Ibu Hamil sebanyak 1 ton, Makanan Tambahan Anak Sekolah sebanyak 1 ton, Makanan Olahan Ikan sebanyak 1 ton, Tas dan perlengkapan sekolah sebanyak 300 paket, KIP, PKH, dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Puan juga menyematkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan. Tampak hadir dalam acara ini Ibu Erni Guntarti Tjahyo Kumolo;Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty; Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo; Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, Para anggota DPRD Provinsi Lampung, Para Kepala Daerah di Provinsi Lampung dan undangan lainnya.
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar