Ragu belanja sayuran online? Ini 6 tips dari Blibli.com

4320 Views

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) -- Pandemi Covid-19 berdampak hampir di seluruh sendi kehidupan manusia, termasuk perilaku dan cara belanja produk sayuran. Jika dalam kondisi normal, orang-orang rela meluangkan waktunya untuk berdesak-desakan mencari sayur-mayur atau bahan masakan di pasar, kini hal tersebut sulit ditemukan. Pasalnya, social distancing menjadi kunci untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Belanja online menjadi solusinya. Tak hanya produk konsumen atau fashion, kini produk sayur dan buah pun sudah dapat dibeli secara online pada berbagai marketplace.

Meskipun demikian, tidak sedikit yang masih ragu untuk membeli sayur online. Alasan utama tentunya adalah ketakutan akan mendapatkan sayuran yang tidak segar atau bahkan busuk karena pembeli tidak dapat memilih atau menyentuh langsung barang yang mau dibeli. Selain itu, kekhawatiran akan lamanya waktu pengiriman sehingga menyebabkan sayur busuk atau rusak juga tak dapat dikesampingkan.

Salah satu martketplace terkemuka di Indonesia, Blibli.com merangkum enam tips agar Anda dapat belanja sayur online secara aman dan nyaman. Berikut tipsnya:

Pilih Toko Terpercaya
Untuk mengetahui reputasi sebuah toko terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu mencari tahu reputasi. Bagus tidaknya reputasi sebuah toko bisa dilihat dari komentar para konsumen yang sebelumnya telah berbelanja di toko online tersebut.

Perhatikan komentar konsumen lainnya mengenai tingkat keamanan pengiriman, respon ramah penjual, hingga tingkat kesegaran sayur yang dibeli. Apabila Anda menemukan banyak komentar atau review yang kurang baik, bisa dipastikan bahwa toko tersebut tidaklah terpercaya.

Buat Daftar Menu Masakan
Berbelanja lah secara bijak. Salah satu caranya adalah dengan dengan membuat daftar menu masakan untuk referensi daftar belanjaan. Dengan adanya daftar menu masakan yang akan dibuat, tentu akan lebih memudahkan Anda untuk menentukan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk persediaan di dapur. Hal ini juga akan membuat Anda berbelanja dengan jumlah yang cukup dan sesuai kebutuhan.

Pilih Ekspedisi yang Tepat
Jasa ekspedisi memainkan peran penting dalam menjamin kesegaran produk sayur yang Anda beli. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah daya jangkau setiap ekspedisi agar meminimalisir lamanya waktu pengiriman, dan ketersediaan pengiriman 'same day' guna menjamin kesegaran dan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan sayuran harian.

Teliti Tingkat Ketahanan Sayuran
Setiap sayuran memiliki tingkat ketahanan berbeda-beda - ada yang beberapa hari sudah busuk, namum ada yang dapat bertahan hingga bulanan. Jika sayuran memiliki ketahanan yang pendek, tentunya pengiriman 'same day' jadi pilihan yang tepat.

Perhatikan Cara Penyimpanan Sayur
Begitu sayur sampai di tangan Anda, pastikan Anda segera menyimpannya di tempat yang tepat - ada sayuran yang awet jika disimpan di dalam kulkas, ada juga sayuran yang sebaiknya hanya Anda simpan di dalam suhu ruangan saja.

Jangan Sampai Kelewatan Promo
Seperti yang Anda ketahui, berbelanja online tentu identik dengan adanya berbagai macam promo menarik yang ditawarkan. Aneka promo tersebut tentu bisa membuat Anda berbelanja aneka sayuran dengan harga yang lebih murah. Untuk itu, sebisa mungkin Anda mencari tahu terlebih dahulu aneka promo yang ditawarkan oleh toko online.


Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar