Tiongkok optimistis menangi pertempuran melawan wabah virus corona

Tiongkok optimistis menangi pertempuran melawan wabah virus corona

Tim medis di salah satu rumah sakit di Tiongkok tengah memberikan semangat kepada pasien virus corona (China Media Group)

Beijing (ANTARA) -- Badan terkait pemerintah Tiongkok mengadakan sidang kemarin (3/2). Dalam sidang tersebut dilakukan pengkajian tentang pencegahan dan pengendalian wabah virus corona jenis baru.

Epidemi kali ini merupakan ujian vital yang dihadapi sistem pemerintahan Tiongkok. Tugas-tugas paling urgen dewasa ini antara lain, semaksimal mungkin merawat para pasien, menjamin persediaan barang pelindung medis yang memadai, berusaha menaikkan tingkat kesembuhan pasien dan menurunkan tingkat kejangkitan serta tingkat kematian akibat virus corona jenis baru. Sementara itu, sidang meminta pihak terkait berusaha menjamin ketersediaan pasokan barang kebutuhan seperti sayur, daging, telur, susu dan bahan pangan lainnya di pasar.

Keunggulan sistem politik adalah keunggulan terbesar bagi negara mana pun. Demi memenangi kampanye atau pertempuran melawan kejangkitan wabah virus corona, dibutuhkan sepenuhnya peranan sistem sosialis yang berkarakteristik Tiongkok. Sementara itu masyarakat akan dikerahkan supaya bersatu padu dan berjibaku dalam memerangi wabah.

Saat ini persediaan barang bantuan medis dan kehidupan di daerah kejangkitan wabah terus diperbaiki. Nyata sekali, keunggulan sistem sosialis yang berkarakteristik Tiongkok tengah semakin menunjukkan fungsi dan efeknya dalam mengatasi kesulitan dan tantangan di tengah merebaknya wabah virus corona.

Dewasa ini Tiongkok masih menghadapi situasi penanggulangan wabah yang serius, dan masih terdapat banyak masalah yang belum diselesaikan. Perlunya disimpulkan pengalaman maupun pelajaran yang tercermin dalam upaya penanggulangan wabah kali ini, disempurnakan sistem administrasi tanggap darurat tingkat nasional, ditingkatkan kemampuan pemerintah dalam menangani tugas berat, dilakukan pemeriksaan secara tuntas terhadap lingkungan kesehatan publik, ditingkatkan pengawasan dan pengelolaan pasar, ditingkatkan pembinaan tata hukum, secara sistematis diperiksa sistem cadangan barang negara, dioptimalkan fungsi cadangan negara dan meningkatkan kapasitas produksi barang-barang vital yang dibutuhkan negara pada saat terjadinya krisis.

Tiongkok memiliki kesadaran dan kesepahaman yang jelas terhadap masalah-masalah yang muncul dalam penanggulangan wabah virus corona. Walaupun tugasnya masih berat, namun Tiongkok pasti akan memenangi pertempuran melawan wabah dengan mengandalkan keunggulan sistem politik serta massa rakyat yang bersatu padu.

Tiongkok berkeyakinan dan berkemampuan menangulangi epidemi kali ini, dan menyatakan yakin bahwa pemerintah dan pasar induk yang berada di seluruh dunia akan menyediakan lebih banyak kemudahan perdagangan untuk komoditi dan jasa yang berasal dari Tiongkok serta komoditi ekspor kepada Tiongkok. Pengaruh wabah virus Corona jenis baru terhadap ekonomi Tiongkok tergantung pada kemajuan dan keberhasilan pencegahan dan pengontrolan epidemi, pengaruh ini bersifat bertahap dan temporer, tidak akan mengubah fundamental ekonomi Tiongkok yang cenderung membaik dalam jangka panjang.

Ada orang yang membandingkan pengaruh wabah kali ini dengan epidemi SARS 2003. Lain dulu lain sekarang. Kini kekuatan ekonomi serta kemampuan Tiongkok menghadapi peristiwa mendadak telah meningkat nyata dibandingkan dengan masa lalu, Tiongkok berkemampuan dan berkeyakinan memenangi perang melawan wabah, dan berkemampuan dan berkeyakinan untuk mengurangi pengaruh wabah terhadap ekonomi ke level terendah.

Sejumlah pabrik di sektor ekspor Tiongkok menangguhkan operasinya akibat wabah kali ini, bagaimana pengaruhnya terhadap rantai penyuplaian global? Ketika menjawab pertanyaan itu, Wakil Menteri Perdagangan Wang Bingnan mengatakan, dilihat dari keadaan sekarang, banyak perusahaan asing sedang memulihkan daya produksi dirinya, berbagai badan dan pemerintah lokal pun membantu perusahaan menciptakan lingkungan bisnis baik dan mengurangi beban perusahaan.

Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024