Berita politik kemarin, wafatnya Mbah Moen hingga putusan MK

id Mbah Moen wafat, WNI TNI, Politik, Sidang MK

Suasana pemakaman Mbah Moen di Ma’la, Mekkah, Selasa (6/8/2019). ANTARA/Hanni Sofia/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita politik pada Selasa (6/8) menjadi perhatian publik dan masih menarik untuk dibaca ulang, mulai dari berpulangnya ulama besar KH Maimoen Zubair di Tanah Suci Mekkah, putusan Mahkamah Konstitusi terkait sidang gugatan hasil Pemilu Legislatif 2019 hingga viralnya calon anggota TNI keturunan Prancis.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

Innalilahi wainnailaihi rojiun.
Tanah Air berduka, takbir dan tahmid bergema di Tanah Suci menghantar kepulangan ulama besar Indonesia KH Maimoen Zubair yang wafat di Makkah Al Mukarramah.

Ulama kharismatik Kiai Haji Maimoen "Mbah Moen" Zubair asal Rembang, Jawa Tengah, wafat di Mekkah, Arab Saudi, pada pukul 04.17 waktu setempat.

Wakil Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Tengah, Muhamad Ngainirrichadl saat dikonfirmasi melalui telepon di Semarang, Selasa, membenarkan kabar duka tersebut.

"Iya benar, Mbah Moen (panggilan akrab KH Maimoen Zubair) sedo (wafat) di Mekkah tadi pagi waktu setempat," katanya.

Selengkapnya di sini :

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang sedang menjalankan tugas sebagai Amirul Hajj di Tanah Suci mengungkapkan bahwa KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen berpulang dengan cara yang sangat baik, tidak merepotkan siapapun.

Mbah Moen meninggal dunia pada Selasa pagi di Rumah Sakit Al Noor Mekkah. Ulama kharismatik itu berada di Mekkah untuk menunaikan ibadah haji atas undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

"Subhanallah. Beliau cepat sekali berpulang dan dengan cara yang sangat baik, sama sekali tidak ada yang direpotkan oleh kepulangan Beliau. Beliau juga sebelumnya tidak mengeluhkan rasa sakit tertentu," kata Lukman.

Selengkapnya di sini :

Suhu di Mekkah begitu ramah, tidak seperti hari-hari biasanya yang selalu berada di atas 40 derajat Celcius pada siang hari. Saat hari berpulangnya KH Maimoen Zubair cuaca di Mekkah cenderung teduh berawan bahkan sempat gerimis.

Berdasarkan pantauan Antara di Kota Mekkah, sejak Selasa selepas subuh suhu di Mekkah cenderung seperti mengalami anomali.

Hujan gerimis sempat terjadi setelah subuh atau hampir bertepatan dengan berpulangnya KH Maimoen Zubair yang mengembuskan napas terakhirnya pada sekitar pukul 04.17 waktu setempat di RS Al Noor, Mekkah.

Setelah itu, sepanjang hari hingga pemakaman rampung di Ma’la udara juga tidak terlampau terik.

Selengkapnya baca di sini :

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah foto kenangan dirinya bersama KH Maimoen Zubair di akun instagramnya maupun twitter-nya @jokowi, Selasa.

Dalam foto yang diunggah itu terlihat Presiden Jokowi sedang mengenakan sorban hijau, sementara Mbah Moen, sapaan akrab kiai kharismatik itu, duduk di samping Jokowi dengan sebelah tangannya memegang sorban tersebut.

"Sorban hijau ini dikalungkan sendiri oleh Kiai Haji Maimoen Zubair," tulis Jokowi dalam cuitannya.

Selengkapnya di sini :

Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pembacaan putusan akhir untuk 202 perkara sengketa hasil Pemilu Legislatif 2019, mulai Selasa (6/8) hingga Jumat (9/8) bertempat di Ruang Sidang Pleno Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta.

Pada hari pertama sidang putusan, Selasa, Majelis Hakim Konstitusi akan membacakan 67 perkara sengketa Pileg 2019.

Selengkapnya di sini:

Satu berita menarik datang dari Magelang, Jawa Tengab, seorang WNI keturunan Prancis mendaftar menjadi anggota TNI.

Satu dari 596 calon taruna Akademi TNI dan 264 calon bhayangkara taruna Akpol yang mengikuti Pembukaan Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Akademi TNI dan Akpol di Akmil Magelang, Selasa, merupakan WNI keturunan Prancis, Enzo Zenz Allie.

Enzo merupakan anak dari Jean Paul Francois asal Prancis dan Siti Hajah Tilaria asal Sumetera Utara.

Selengkapnya di sini :

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menilai sosok Enzo Zenz Allie memenuhi syarat untuk menjadi prajurit TNI.

"Yah dilihat dari seleksinya memenuhi syarat, yang viral itu pull up-nya, larinya, ya itu dihitung semua secara fisik kemudian psikologinya, semuanya memenuhi syarat," kata Hadi Tjahjanto di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini :

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar