Banjarmasin (ANTARA) - Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah menyelesaikan pemberangkatan seluruh  jamaah calon haji yang tergabung di 19 kloter sejak 8 Juli hingga 5 Agustus 2019 ke tanah suci Mekkah dan Madinah  Arab Saudi dengan jumlah 6.112 orang jamaah.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi di Banjarmasin, Senin mengungkapkan, para JCH  yang sudah diberangkatkan itu 4.172 orang asal Kalimantan Selatan yang terbagi dalam 13 Kloter dan  1.940 orang asal Kalimantan Tengah yang terbagi dalam enam Kloter.

"Semuanya sekarang ini sudah berada di Mekkah," ujarnya.
Baca juga: Semua jamaah calon haji Banjarmasin dalam kondisi baik

Dikatakan dia, untuk Kloter terakhir, yakni, Kloter 19 diberangkatkan pada 5 Agustus 2019 sekitar pukul 23.35 Wita menggunakan Pesawat Air Bus 330 Seri 300 Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan Ga-8502 dari Bandara Syamsudin Noor.

Kloter terakhir Embarkasi Banjarmasin ini para Calhaj gabungan dari 13 kabupaten/kota di provinsi ini dengan total 302 orang jamaah dan petugas.

Fahmi mengungkapkan, untuk keberangkatan ibadah haji tahun ini dari Embarkasi Banjarmasin ada sebanyak 21 orang Calhaj yang terpaksa harus tertunda keberangkatannya, lantaran sakit.

"Ada juga tujuh orang JCH yang wafat sebelum keberangkatan," ujarnya.

Fahmi berharap, para Calhaj yang tertunda keberangkatannya tahun ini bisa berangkat tahun depan dan bisa melaksanakan ibadah haji dengan kondisi yang lebih baik lagi nantinya.

Sedangkan, lanjut dia, untuk para Calhaj yang wafat sudah mendapatkan nilai haji karena sudah berniat untuk melaksanakan haji.
Baca juga: Kemenag Kalsel: satu calon haji sempat hilang dua hari di Madinah
Baca juga: 968 calon haji Kalsel sudah berada di Madinah


​​​​​

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019