Medan (ANTARA) - Mangaraja Sutan Harahap Bin Sutan Singengu (70) seorang jamaah haji asal Kabupaten Padang Lawas Utara tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 20 Embarkasi Medan, Sumatera Utara, dengan penuh semangat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

"Saya sepertinya sedang berada di tanah suci Mekkah melaksanakan rukun haji tersebut," kata Mangaraja, di Asrama Haji Medan, Jumat.

Niat menunaikan ibadah haji tersebut, menurut dia, sudah cukup lama, namun baru tahun ini dapat terkabul. "Alhamdulillah berkat Allah SWT, saya beserta istri Bahati Siregar Binti Lobe Siregar (68) dapat berangkat ke Mekkah," ujarnya.

Mangaraja menunggu selama delapan tahun untuk berangkat ke Mekkah. Waktu delapan tahun itu dipergunakan untuk menabung dari hasil kebun sawit di Kabupaten Padang Lawas Utara. "Jadi, saya berangkat ke tanah suci tidak menjual kebun sawit, melainkan hanya menabung," katanya.

Sebanyak 388 calon haji Kloter 20 Embarkasi Medan, 311 orang dari Kabupaten Padang Lawas Utara, 68 orang dari Kota Medan, dan seorang dari Kota Binjai.

Rombongan jamaah haji tersebut diberangkatkan Wakil Bupati Padang Lawas Utara H.Hariro Harahap. Panitia mencatat calon haji dengan usia tertua, Dalena Jamalea Siregar (89) dan Datuk Panusunan Jaronggur (89), berasal dari Kabupaten Padang Lawas Utara, sedangkan termuda, Niati Mustika Nasution (27), juga berasal dari Kabupaten Padang Lawas Utara.

Jamaah calon haji dari Kloter 20 Embarkasi Medan akan tinggal di wilayah Syisyah I Mekkah dengan Nomor Maktab 113 Sektor I. Jamaah haji tersebut, berangkat ke Mekkah melalui Bandara Udara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (2/8), sekitar pukul 10.15 WIB.

Data Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, total warga Sumatera Utara yang menunaikan ibadah haji pada 2019 berjumlah 8.641 orang.*

Baca juga: Jual kebun karet untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah

Baca juga: Petani sawit menunggu selama delapan tahun ke Mekkah

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019