Malang (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi kampus terpopuler kedua versi 4 International Colleges and Universities (4ICU) setelah posisi pertama diduduki Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakara.

Sekretaris Pusat Pemeringkatan LP3M UB Malang Adharul Muttaqin di Malang, Kamis, mengatakan naiknya peringkat popularitas UB karena banyaknya publik yang mencari informasi terkait perguruan tinggi negeri tersebut. Penilaian ini berdasarkan Webmetric yang umumnya mengukur traffic informasi seputar UB.

"Prestasi UB yang berada di posisi kedua dipengaruhi beberapa kriteria atau indikator penilaian 4ICU yang dianggap mengalami kenaikan," ucap Adharul Muttaqin.

Ia mengatakan ada beberapa kriteria atau indikator penilaian 4ICU, di antaranya Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow.

Selain banyaknya sitasi jurnal ilmiah, lanjutnya, indikator lain yang berpengaruh di antaranya impact-visibility ranking dan presence ranking. Presence berkaitan dengan jumlah page atau link dalam suatu domain misal ub.ac.id. Visibility atau impact ranking berkaitan dengan jumlah eksternal network yang ditautkan link ke webpage UB.

Untuk menaikkan peringkat UB di Webometric, katanya, jumlah paper masih perlu ditingkatkan. Jumlah paper yang masuk ke top ten tersitasi masih kurang dibandingkan dengan PT lain. Saat ini UB berada di posisi ke-9.

Beberapa indikator yang mempengaruhi naiknya peringkat UB di versi Webometric antara lain karena adanya peningkatan jumlah sitasi jurnal ilmiah dosen yang terindeks dalam Scimago.

Adharul menambahkan dengan naiknya peringkat UB, berarti memberikan peluang bahwa image dan branding UB juga naik.
"Peringkat 4ICU memang tidak langsung menggambarkan akademik, tetapi lebih ke arah popularitas di internet," katanya.

Dia mencontohkan masyarakat luar sering mengakaes website UB dengan kata kunci Universitas Brawijaya, selma UB dan siam UB. Dengan banyaknya masyarakat yang mencari informasi diharapkan UB bisa mengambil peluang untuk mempromosikan keunggulan dan prestasi-prestasinya.

4ICU adalah suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar di 200 negara.

Sementara itu, selain 4ICU, peringkat UB versi Webometric juga mengalami kenaikan, yaitu berada di posisi 6 Indonesia dan 1.348 dunia.



 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019