Jakarta (ANTARA) - Sebuah festival musik jazz berkelas internasional telah lahir, dan mulai mewarnai ajang musik besar di Tanah Air bertajuk "Puncak Jazz Festival" (PJF) yang menggabungkan konsep edukasi dan hiburan.

CEO PJF Marcelia Lesar melalui keterangannya di Jakarta, Selasa mengatakan, berbeda dengan ajang musik sejenis, PJF digelar dengan sistem roadshow di beberapa titik, hingga menuju acara puncak pada April 2020 dan sesuai namanya, mengambil lokasi pertunjukan di kawasan Puncak, Jawa Barat.

Seperti pada roadshow perdana di Pesona Alam Resort Cisarua, Jawa Barat, Sabtu (27/7) dengan konsep outdoor, di hutan pinus. Sejumlah penampil yakni dari Professor musik Tjut Nyak Deviana, Daya Ensemble dari Daya Indonesia Performing Arts Academy, Ellys Padumukan, Komunitas Jazz Cianjur, dan Marcelia Lesar.

PJF tak hanya menyajikan musik bergenre jazz, namun juga menyuguhkan kolaborasi dengan berbagai genre musik, tambahnya, bahkan juga memberi ruang pada musik tradisional untuk mengangkat dan memperkenalkan musik asli Tanah Air kepada dunia internasional.

"Meski tuan rumahnya jazz, tapi kita akan kombinasikan dengan banyak musik tradisional dan juga genre lainnya. Karena biarpun labelnya ini internasional, tapi kita ingin juga mengangkat elemen musik tradisional," ujarp Marcelia Lesar, yang juga penyanyi jazz Tanah Air.

Baca juga: Dubes AS ternyata penonton setia Ramadhan Jazz Festival

Menurut dia, PJF yang digelar secara keliling dimaksudkan untuk memperkenalkan musik jazz, dan mengedukasi masyarakat terhadap genre musik ini. Hingga acara puncak pada April 2020, setiap bulan PJF akan mengadakan sejumlah aktifitas.

"Kita ada sosialisasi, edukasi, jadi bukan hanya lewat online tapi turun juga secara offline ke komunitas-komunitas jazz yang ada di Jawa Barat," katanya.

Ada 25 titik yang akan diadakan pertunjukan keliling mulai Bogor hingga Bandung, sampai acara puncak PJF tahun depan.

PJF juga menjadi sebuah wadah yang dapat menjembatani komunitas musik dan budaya, di dalam dan luar negeri, lanjutnya, bahkan dikemas untuk menjadi satu wadah bagi pemberdayaan UKM di Jawa Barat, dan juga sebagai upaya untuk mengangkat potensi-potensi wisata di kawasan Puncak dan sekitarnya.

"Di PJF ini ada banyak ruang untuk UKM dan pengrajin lokal untuk menjual berbagai bentuk produk kerajinan. Ini tentunya bagus untuk mengangkat perekonomian," ujar Marcelia.

Dikatakannya, sejumlah musisi luar negeri yang bakal tampil di acara puncak PJF April 2020, di antaranya Eric Benet, penyanyi dari Amerika Serikat yang populer lewat single "Spend My Life With You", Brian McKnight, dan lainnya.

Baca juga: Ardhito Pramono tak tergoda meski sering ditawari narkoba

Baca juga: Kolaborasi Syaharani dan Craig Burton di Berlin, Jerman

Baca juga: Alberto Marsico Trio pukau penonton Borneo Jazz Festival 2019

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019