DPRD Pekalongan dukung pengembangan wisata religi

id DPRD Pekalongan, wisata religi

Salah satu tempat wisata religi Makam Siti Ambariyah di Kabupaten Pekalongan. (Foto Kutnadi)

Pekalongan (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, siap mendukung pengembangan potensi wisata religi yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hindun di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Pekalongan memiliki sejumlah tempat wisata religi yang jika dikembangkan akan meningkatkan perekonomian warga.

Selain merupakan bagian dari bukti sejarah, tempat wisata religi juga bisa berpotensi mendatangkan banyak pengunjung, baik lokal maupun luar daerah.

Ia mengatakan saat ini banyak situs bersejarah atau tanda-tanda bukti sejarah seperti makam sesepuh Kabupaten Pekalongan yang belum banyak dikenal oleh masyarakat luar daerah.

"Oleh karena tempat wisata religi ini harus kita kembangkan. Ini berpotensi (makam sesepuh Kabupaten Pekalongan) untuk dikembangkan menjadi wisata religi,” katanya.

DPRD, kata dia, akan mendorong pemkab guna mengembangkan potensi yang ada di daerah ini, terutama pengembangan wisata religi.

Pengembangan wisata religi ini, kata dia, selain sebagai bentuk pelestarian bukti sejarah juga bisa menjadi sarana penggerak roda ekonomi masyarakat.

Ia menambahkan makam atau bukti tanda sejarah yang bisa berpotensi dikembangkan menjadi wisata religi antara lain Makam Adam, Makam Siti Ambariyah, dan Ki Ageng Cempaluk.

Baca juga: KH Ma'ruf Amin apresiasi Tanara menjadi destinasi wisata religi

Baca juga: Wisata religi Makam Puteri Kaca Mayang di tengah kebun sawit

Baca juga: Pemkot Madiun kembangkan potensi wisata budaya dan religi

Baca juga: Menpar siap dukung pengembangan wisata religi Syech Nawawi Albantani

 

Pewarta : Kutnadi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar