Terpisah lima hari, akhirnya pasangan calhaj lansia bertemu di Mekkah

id pasangan calon haji lansia ,Riau,terpisah,bertemu di Mekkah,musim haji 2019,Kemenag Riau

Petugas mendorong calon haji lanjut usia atau lansia menggunakan kursi roda di Asrama Haji Riau, di Kota Pekanbaru, Jumat (5/7/2019) ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz.

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Pasangan jamaah calon haji  lanjut usia (calhaj lansia) Tukiman (69) dan Katijem (58), akhirnya bertemu di Mekkah setelah terpisah selama lima hari sejak mulai berangkat dari Tanah Air untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

"Tukiman adalah calhaj kloter 19 yang tertunda keberangkatannya karena sakit dan dirujuk ke RS Awal Bros Pekanbaru untuk dirawat intensif, sedangkan istrinya Katijem harus ikhlas berangkat lebih dahulu bersama kloter 19 Embarkasi Batam Hang Nadim (BTH) pada Rabu (23/7)," kata pranata humas ahli muda Kanwil Kemenag, Riau, Vehtria Rhami di Pekanbaru, Senin.

Merujuk laporan Ketua kloter BTH 19 Resman Junaidi, dijelaskan bahwa keberangkatan Tukiman ke Tanah Suci akhirnya dititipkan ke kloter 20 Embarkasi BTH yang bertolak ke Mekkah pada Kamis (24/7).

Ia mengatakan, setelah dipastikan mulai pulih, Tukiman pun berangkat bergabung dengan ratusan jamaah lainnya ke Jeddah.

"Tukiman yang kemarin gagal berangkat karena harus dirawat di Embarkasi Haji Pekanbaru kemudian bergabung atau dititipkan ke kloter 20 BTH. Namun kini bisa kembali bergabung ke kloter 19, dan bertemu dengan istri tercintanya," katanya.

Untuk itu,  pihaknya telah mengajukan surat kepada sektor 1 untuk pemindahan Tukiman ke kloter asal, dan bersamaan dengan itu surat pernyataan dari Tukiman pun terkait bersedia dipindahkan ke kloter 19 kembali sudah dilampirkan juga.

"Alhamdulillah surat permohonan dari kita diproses oleh sektor ke daerah kerja (daker) Makkah. Alhamdulillah sekarang beliau sudah bersatu kembali dengan istri sehingga istri bisa maksimal merawatnya,' katanya.

Resman menambahkan Tukiman dipindahkan pada pukul 17.00 waktu Arab Saudi atau 21.00 WIB dari hotel 103 ke hotel 121 tempat istrinya ditempatkan selama di Mekkah.

Ketua kloter 20 BTH Dr Anasri Nurdin mengatakan, Tukiman sudah pindah ke kloter BTH 19 dan bersua dengan istri. Sekarang sepasang suami istri yang berasal dari Desa Suka Maju Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau  yang terpisah selama lima hari itu tampak duduk bersisian di kamar hotel,

"Mereka tampak lebih bersemangat sambil memegang tas di dada masing-masing," katanya.

Baca juga: P3JH katakan kelelahan jadi masalah utama jamaah lansia

Baca juga: Kemenag catat mayoritas jamaah haji 2019 lansia

Baca juga: Fahri Hamzah sarankan kuota haji dimaksimalkan untuk lansia

Baca juga: Jamaah lansia akan didampingi pendamping di Armina

Pewarta : Frislidia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar