Jamaah kloter 20 embarkasi Batam giat senam kebugaran di lobi hotel

id kemenag Riau

Jamaah diajak senam massal di pondokan Mekkah (MCH 2019)

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Jamaah yang tergabung kloter 20 embarkasi Batam yang sudah ada di Mekkah, giat melaksanakan senam di lobi hotel pada pagi hari atau waktu senggang untuk mendapatkan kebugaran tubuh sehingga mendukung stamina dalam menjalankan serangkaian rukun haji.

"Cuaca ekstrim yang terjadi di tanah suci mengharuskan jamaah calon haji Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan mulai dari mengkonsumsi makanan sehat, dan bergizi serta memperbanyak minum air putih dan berolahraga ringan," kata Pranata Humas Ahli Kemenag Riau, Vehtria Rahmi di Pekanbaru, Minggu.

Menurut dia, jamaah bisa melakukan olahraga ringan itu atau berkelompok bisa dilakukan selesai sholat subuh berjamaah seperti perengangan otot yang dipandu tim TPHI.

Rahmi mengatakan seperti dilaporkan Ketua kloter BTH 20 Dr Anasri Nurdin, cuaca Arab Saudi harus selalu diantisipasi oleh setiap jamaah, agar semua rukun haji dapat dilaksanakan jamaah dengan baik dan lancar.
Baca juga: Jamaah diajak senam massal di pondokan Mekkah

"Jamaah bisa senam pagi selama 20-25 menit mulai pukul 06.15-06.40 WAS”. Senam ini bisa menghilangkan kejenuhan, menghadirkan senyum bagi seluruh jamaah dan petugas haji kloter BTH 20," katanya.

Senam ini dipandu petugas kesehatan kloter 20 itu Angelia dan Taslim, diharapkan mampu memberikan suasana fisik ceria dan peregangan otot yang membuat jamaah menjadi makin sehat dalam beribadah.

Sementara itu Muhamad Taslim mengatakan senam pagi terlaksana atas inisiatif sektor I, dan dalam hotel no 102 jamaah yang ikut senam kebugaran ada 3 kloter dari 5 kloter yang ada.

"Kloter tersebut adalah kloter BTH 17 asal Kepri, Kloter BTH 20 asal Riau dan Kloter 21 asal Jambi," katanya.
Baca juga: JCH lakukan senam sebelum masuk pesawat
Baca juga: Calon haji diingatkan jaga kesehatan di Tanah Suci

Pewarta : Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar