Jayapura (ANTARA) - Kapendam XVII Cenderawasih Kol Inf M.Aidi menduga amunisi yang saat ini dimiliki Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) pimpinan Egianus Kogoya diduga hasil rampasan saat menyerang pos aparat keamanan di beberapa lokasi.

"Namun belum dapat dipastikan sumber amunisi yang dimiliki KKSB yang beroperasi di wilayah Kabupaten Nduga," katanya menjawab pertanyaan wartawan di Jayapura, Selasa, terkait beredarnya foto Egianus Kogoya yang dikelilingi amunisi.

Dikatakannya amunisi yang dimiliki KKSB bisa saja dipasok dari berbagai pihak selain rampasan di pos-pos aparat keamanan juga diperoleh dari kelompok-kelompok tertentu yang mendukung KKSB.

Dia mengatakan apalagi Nduga yang merupakan daerah terbuka karena selain dapat dijangkau lewat darat dari Wamena juga dapat melalui Timika-Asmat-Kenyam.

Bahkan , kata Aidi, pada Agustus 2018 lalu WNA berkebangsaan Polandia ditangkap dan dihukum karena terlibat jual beli amunisi ke KKSB dan  tidak tertutup kemungkinan ada amunisi-amunisi yang lolos dan sampai ke kelompok tersebut.

Ketika ditanya tentang foto yang beredar terkait amunisi yang dimiliki Egianus dan kondisinya masih baru, mantan Dandim Jayawijaya mengatakan, kemungkinan saja amunisi tersebut sebelum berada di dalam dus dan belum terpakai sehingga terlihat baru. Kecil kemungkinan amunisi tersebut diperoleh dari anggota karena saat ini pengawasan makin ketat.

KKSB pimpinan Egianus, Sabtu (20/7) menyerang camp anggota Yonif 755 Yalet yang sedang istirahat makan siang di kampung Yuguru. Dalam insiden yang diwarnai kontak senjata, satu anggota TNI AD meninggal akibat luka tembak d ibagian perut sebelah kanan yakni Pratu (anumerta) Usman Hambela.

Baca juga: Kodam XVII Cenderawasih: tidak ada helikopter yang ditembak KKSB
Baca juga: Kodam XVII/Cenderawasih dorong pemberdayaan bagi mantan anggota KKSB
Baca juga: Berhasil bina KKSB, 10 anggota TNI AD naik pangkat

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019