Yohana meminta agar para peserta dari seluruh Indonesia memanfaatkan hal-hal yang diterima dan dipelajari selama mengikuti Forum Anak Nasional 2019 dengan baik
Makassar (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengatakan Forum Anak merupakan wadah untuk mempersiapkan anak untuk menjadi pemimpin bangsa ke depan.

"Kalian adalah agen perubahan. Masa depan ada di tangan kalian. Forum Anak adalah wadah latihan bagi kalian untuk nanti menjadi pemimpin," kata Yohana saat menutup Forum Anak Nasional 2019 di Benteng Rotterdam, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (22/7) malam.

Karena itu, Yohana meminta agar para peserta dari seluruh Indonesia memanfaatkan hal-hal yang diterima dan dipelajari selama mengikuti Forum Anak Nasional 2019 dengan baik.

Yohana juga berperan agar anak-anak tersebut juga menyebarluaskan ilmu-ilmu yang didapat kepada teman-temannya setelah pulang dari Forum Anak Nasional 2019.

"Gunakan waktu sebaik-baiknya. Kalian adalah generasi emas bagi bangsa Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Anak dapatkan pemahaman tentang haknya di Forum Anak

Penutupan Forum Anak Nasional 2019 juga dihadiri Menteri Keluarga, Ketenagakerjaan dan Layanan Sosial Turki Zehra Zumrut Selcuk. Dalam salah satu sambutannya, Zehra mengatakan anak-anak adalah masa depan umat manusia.

"Anak-anak adalah masa depan kita. Kita perlu mempersiapkan dan mendidik anak-anak kita. Sebagai pemerintah kita harus memajukan anak karena mereka adalah tujuan kita," katanya.

Forum Anak Nasional diikuti oleh 622 peserta, dengan komposisi 428 anak dari Forum Anak kabupaten/kota di seluruh Indonesia, 68 orang pendamping, 70 fasilitator, dan 50 orang panitia.

Pertemuan Forum Anak Nasional 2019 di Makassar bertema "Satu Dekade Forum Anak Nasional: Kita Beda, Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju".

Forum Anak Nasional merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Anak Nasional. Selain Forum Anak Nasional, rangkaian acara lainnya adalah Puncak Peringatan Hari Anak Nasional dan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak. 

Baca juga: Peserta Forum Anak Nasional 2019 belajar berbagai isu
Baca juga: Forum Anak bentuk pemenuhan hak partisipasi anak

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019