JCH wajib jalani perekaman Biometrik

id calon haji bangka

Arsip Foto. Rombongan jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka berdoa bersama sebelum berangkat menuju Bandara Depati Amir. (ANTARA)

Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Gazali mengatakan, seluruh jamaah calon haji (JCH) wajib menjalani perekaman Biometrik sebelum masuk ke kamar asrama haji.

"Seluruh jamaah calon haji terlebih dahulu akan menjalani perekaman Biomterik sebelum masuk ke asrama haji di Palembang," ujarnya di Sungailiat, Kamis.

Ia menambahkan, perekaman Biometrik dilakukan oleh pihak kedutaan Arab Saudi bertujuan untuk menyesuaikan dengan dokumen paspor seluruh jamaah calon haji seperti sidik jari dan wajah.

Baca juga: Jamaah calon haji diimbau perbanyak minum hindari dehidrasi

"Perekaman Biometrik diselenggarakan di seluruh embarkasi di Indonesia dengan alasan untuk mempercepat proses pelaksanaan ibadah haji mengingat sebelumnya perekaman Biometrik di pusatkan di bandara Madinah dan Jeddah," jelasnya.

Menurutnya, perekaman Biometrik jamaah calon haji yang dilaksanakan di seluruh Indonesia atas usulan sebelumnya dari pemerintah Indonesia, hal itu agar tidak terjadi penumpukan jamaah di bandara Madinah dan Jeddah.

"Perekaman ini dilaksanakan besok, Jumat (12/7) pada saat seluruh jamaah calon haji tiba asrama haji Palembang dan pada Sabtu (13/7) akan langsung diberangkatkan ke tanah suci Mekkah," ujarnya.

Dia mengatakan, seluruh persiapan baik teknis dan non teknis dari panitia penyelenggara haji Kabupaten Bangka dan seluruh jamaah calon haji sudah siap diberangkatkan termasuk pemeriksaan barang bawaan jamaah.

Jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka sebanyak 283 orang akan bergabung dengan jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka Tengah dengan alasan untuk memcukupi kelompok terbang (kloter) tujuh.

Baca juga: Petani-nelayan capai 32 persen calon haji Bangka Barat

Baca juga: Pemkab Bangka Barat lepas keberangkatan 185 jamaah calon haji

 

Pewarta : Kasmono
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar