Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Gazali, mengimbau seluruh jamaah calon haji untuk memperbanyak minum karena cuaca di tanah suci Mekkah mencapai 45 derajat celcius.

"Dari informarmasi yang kami dapatkan, cuaca di tanah suci Makkah saat ini mencapai 45 derajat celcius," kata Gazali di Sungailiat, Selasa.

Tingginya cuaca di tanah suci Makkah itu dapat menjadi penyebab dehidrasi atau kekurangan cairan air dalam tubuh.

Jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka yang berjumlah 283 orang akan menempati pemondokan di Roudah atau sektor empat yang berjarak kurang lebih dua kilometer dari Masjidil Harram.

"Saya ingatkan jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang tujuh bersama dengan sejumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka Tengah, hendaknya mengutamakan kesehatan," katanya.

Kesehatan seluruh jamaah calon haji menjadi penting dilakukan, karena selain ibadah ini membutuhkan fisik yang kuat, cuaca di tanah suci Makkah dalam kondisi cukup panas.

"Saya sarankan untuk berkoordinasi dengan petugas pendamping haji jika mengalami kendala termasuk masalah kesehatan terutama pada saat puncak pelaksanaan ibadah haji," kata Gazali.*

Baca juga: Daftar tunggu calhaj di Belitung hingga 2038

Baca juga: Pemkab Bangka Barat lepas keberangkatan 185 jamaah calon haji

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019