Uang saku ini diberikan sebagai tali asih dan perhatian pemerintah daerah kepada seluruh rombongan yang berangkat menunaikan ibadah ke Tanah Suci
Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan uang saku sebesar Rp1.500.000 untuk setiap anggota jamaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun 2019.

"Uang saku ini diberikan sebagai tali asih dan perhatian pemerintah daerah kepada seluruh rombongan yang berangkat menunaikan ibadah ke Tanah Suci," kata Kasubbag Bantuan Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Darul Quthni di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan pemberian tali asih dari pemerintah secara simbolis akan diserahkan kepada seluruh anggota jamaah calon haji pada acara doa bersama yang rencananya digelar di rumah dinas Bupati Bangka Barat, pada Selasa (9/7).

Selain memberikan bantuan uang saku, kata dia, Pemkab Bangka Barat juga menyiapkan bantuan transportasi kepada seluruh jamaah calon haji dari daerah itu untuk diberangkatkan menuju Pangkalpinang.

"Jamaah calon haji Bangka Barat nanti akan berkumpul di Pangkalpinang terlebih dahulu sebelum diberangkatkan ke embarkasi Palembang," ujarnya.

Pada tahun ini jamaah calon haji dari Kabupaten Bangka Barat sebanyak 185 orang, namun satu orang terpaksa menunda keberangkatan karena sakit.

Sebanyak 185 orang tersebut, katanya, terdiri atas 87 orang laki-laki dan 98 orang perempuan yang berasal dari enam kecamatan, masing-masing Kecamatan Mentok 39 orang, Simpangteritip 25 orang, Jebus 13 orang, Parittiga 20 orang, Kelapa 45 orang dan dari Kecamatan Tempilang 42 orang.

Ia menambahkan berdasarkan usia, untuk kelompok usia 31 hingga 50 tahun sebanyak 81 orang, usia 51 hingga 70 tahun sebanyak 88 orang dan usia 71 hingga 80 tahun 16 orang.

"Kami berharap para calon haji bisa menjaga kesehatan selama perjalanan dan di Tanah Suci agar bisa menjalankan ibadah dengan baik," demikian Darul Quthni.

Baca juga: Pemberangkatan 8.545 JCH Sumsel-Babel dibagi 19 kloter

Baca juga: 1.249 calon haji Babel siap diberangkatkan

Baca juga: Tiga calhaj Babel batal berangkat haji


Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019