Jakarta (ANTARA) - Panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Pondok Gede, Jakarta Timur mengatakan Hendra Tolib Saidi merupakan calon jemaah haji tertua dengan usia 99 tahun saat berangkat ke Tanah Suci Makkah.

"Beliau jemaah haji asal Kota Tangerang Provinsi Banten merupakan paling tua dari jamaah yang berangkat tahun ini," kata ketua PPIH Embarkasi Pondok Gede, Saiful Mujab di Jakarta, Senin.

Sedangkan untuk calon jemaah haji termuda yaitu Ibnu Ambiya Usman Fazri dengan usia 17 tahun saat berangkat ke Tanah Suci Makkah.

Ia menjelaskan Marwah Nur Azizah usia 18 tahun jemaah haji asal DKI Jakarta yang sebelumnya sudah berangkat pada kloter satu, sedangkan Ibnu Ambiya Usman Fazri baru berangkat pada kloter empat.

Selain Hendra Tolib Saidi, calon jemaah haji asal DKI Jakarta, Ismail Acmad Bakka (95) juga termasuk masuk kategori tua dengan jadwal keberangkatan kloter tiga.

Ia memastikan seluruh calon jemaah haji yang akan berangkat pada umumnya dalam kondisi sehat. Apalagi, sebelumnya sudah melalui pemeriksaan kesehatan.

"Insya Allah sehat ya, meskipun ini harus mendapat perhatian khusus namun petugas akan selalu memantau kondisi para jemaah haji," katanya.

Sementara itu, calon jemaah haji asal DKI Jakarta Ismail Acmad Bakka (95) mengatakan sudah siap untuk berangkat ke Tanah Suci Makkah bersama keponakan.

Hanya saja ia mengaku kakinya sedikit dalam kondisi kurang sehat terutama saat berjalan karena beberapa tahun lalu mengalami kecelakaan.

"Alhamdulillah masih sehat meskipun kalau jalan agak sempoyongan karena dulu pernah kecelakaan," ujar dia.

Terkait persiapan ke Tanah Suci Makkah, ia mengaku memang memiliki persiapan khusus. Selain itu, pria yang pernah bekerja di kapal pesiar tersebut juga tidak merokok.*


Baca juga: Jamaah calon haji diimbau jaga kesehatan

Baca juga: Kemenag Pangkalpinang bersiap berangkatkan 272 CJH

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019