Jakarta (ANTARA) - Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Taufan Maulana mengenal sosok almarhum Sutopo Purwo Nugroho sebagai seorang teladan dalam banyak hal, salah satunya pada aspek totalitas bekerja.

"Pak Topo totalitas dengan pekerjaannya. Dia memang tekun mendalami sesuatu tidak setengah-setengah," kata Taufan saat ditemui di Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu.

Ia mengatakan kenal dekat dan kerap berinteraksi dengan almarhum Sutopo selaku Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BMKG dan BNPB, kata dia, kerap menjalin kemitraan strategis. Kehadiran Sutopo dapat menjalin kerja sama sinergis antarlembaga pemerintah.

"Pak Topo orang yang banyak membantu. BNPB juga stakeholder BMKG, BMKG urusan hulu BNPB hilir. Pak Topo setiap waktu berkoordinasi intensif kami terus bersinergi dengan BNPB," kata dia.

Taufan mengatakan secara pribadi dan kelembagaan BMKG sangat kehilangan sosok Sutopo. "Selamat jalan untuk beliau semoga khusnul khotimah," kata dia.

Sutopo, kata dia, adalah orang yang mau belajar banyak hal dan memberi energi positif terhadap banyak orang dan menjadi contoh teladan seorang humas yang baik.

Taufan mengatakan Sutopo adalah seorang yang pantang menyerah. Meski sedang sakit tapi almarhum terus berjuang sampai takdir Allah memanggil.

"Meski divonis dia drop dalam kondisi seperti itu tentang semua hal itu contoh tentu bagi semua bahwa kesehatan merupakan investasi penting," kata dia.

Baca juga: NU: Sutopo orang baik

Baca juga: BNPB merasa sangat kehilangan wafatnya Sutopo Purwo Nugroho

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019