tahun ini rencananya FKIP akan memberangkatkan dua gelombang mahasiswa peserta KKPLP, sehingga dalam waktu dekat kami juga akan mengirimkan 21 mahasiswa juga ke Thailand
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (Unej), Jawa Timur kembali mengirimkan 13 mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Pengenalan Lapangan Persekolahan (KKPLP) di Thailand selama sebulan.

"Selama di Thailand belasan mahasiswa itu akan praktik mengajar di tiga sekolah yang masing-masing ada di Provinsi Songkhla, Provinsi Samut Prakan, dan Provinsi Satun," kata Dekan FKIP Unej Prof Dafik di Kabupaten Jember, Rabu.

Dia menjelaskan KKPLP memberikan pengalaman belajar mengajar bagi mahasiswa FKIP, khususnya mengajar sekolah di luar negeri, dengan harapan meningkatkan kemampuan dan mendewasakan karakter mahasiswa agar lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja global.

"Nantinya semua proses belajar mengajar akan dilaksanakan sepenuhnya dalam Bahasa Inggris, oleh karena itu setiap mahasiswa yang akan berangkat ke Thailand diwajibkan lulus tes TOEFL, selain harus memiliki IPK di atas 3,5," katanya.

Ia berharap, semua mahasiswa menunjukkan performa terbaik dan menjaga nama baik almamater Kampus Tegalboto Unej dan dapat beradaptasi dengan lingkungan, kemudian mempelajari tradisi dan budaya setempat agar sukses menjalankan tugas.

"Thailand dipilih sebagai tujuan KKPLP karena berbagai kemudahan yang diberikan bagi mahasiswa yang akan praktik, selain sebagai perwujudan kerja sama yang sudah ditandatangani antara Unej dengan pihak terkait di Thailand," ucap guru besar di Program Studi Pendidikan Matematika itu.

Mereka yang ke Thailand terdiri atas dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, tiga mahasiswa PGSD, tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika, dan masing-masing satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Biologi.

"Kegiatan KKPLP telah berjalan sejak tahun 2017 dan untuk tahun ini rencananya FKIP akan memberangkatkan dua gelombang mahasiswa peserta KKPLP, sehingga dalam waktu dekat kami juga akan mengirimkan 21 mahasiswa juga ke Thailand," ujarnya.

Kesiapan melaksanakan praktik belajar mengajar di Thailand disampaikan oleh mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Niken Ayu Larasari.

Ia berpartisipasi dalam kegiatan KKPLP dengan  proses seleksi peserta sejak Desember 2018.

Ia mengaku menjalani seleksi hingga mempersiapkan diri dengan belajar intensif Bahasa Inggris dan dasar keilmuan Pendidikan Bahasa Inggris.

"Tentu bangga bisa ikut dalam kegiatan KKPLP mengingat tidak semua mahasiswa FKIP Unej bisa terpilih dan orang tua saya sangat mendukung. Selain mengajar, kami juga akan bertukar pikiran dengan sesama mahasiswa dan para kolega guru," katanya.

Sebanyak tiga sekolah menjadi lokasi KKPLP gelombang pertama, yakni Hatyai Wittaya School di Provinsi Songkhla, Streesmutprakan School di Provinsi Samut Prakan dan Satun Wittaya School di Provinsi Samut.

Baca juga: Aplikasi game diare antarkan mahasiswa Unej juara di Malaysia
Baca juga: Mahasiswa Unej teliti ikan lemuru untuk obat

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019