Presiden dan wakil presiden terpilih masih memiliki tantangan yang berat untuk mengelola arus informasi yang kian kompleks
Purwokerto (ANTARA) - Presiden dan wakil presiden terpilih masih memiliki tantangan untuk memerangi hoaks dan ujaran kebencian, kata akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman, Edi Santoso.

"Presiden dan wakil presiden terpilih masih memiliki tantangan yang berat untuk mengelola arus informasi yang kian kompleks," katanya di Purwokerto, Sabtu.

Edi yang merupakan dosen Magister Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman tersebut mengatakan jejaring global melalui internet telah memunculkan budaya baru.

"Hakikat ruang dan makna terdekonstruksi sedemikian rupa, karena budaya baru, yaitu 'cyberculture', dan keterhubungan tanpa sekat tersebut juga memunculkan masalah-masalah baru, masifnya hoaks dan ujaran kebencian ada dalam arus budaya baru itu," tuturnya.

Terlebih lagi, kata dia, apabila informasi yang melimpah tersebut tidak dibarengi dengan penguatan literasi media.

"Pada akhirnya yang dikhawatirkan adalah ada orang jahat yang membuat hoaks dan ada orang baik yang ikut menyebarkan hoaks. Ada kesenjangan teknologi, antara adopsi teknologi secara fisik dan kesiapan mental. Maka budaya literasi perlu ditingkatkan di tengah budaya digital tersebut," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pemerintah punya dua tantangan dalam hal ini. Khususnya dalam menangkal dan memerangi hoaks.

"Dalam konteks struktural, pemerintah dapat membuat atau menegakkan regulasi, dan dalam konteks kultural, membangun dan mendorong literasi," imbuhnya.

Kendati demikian, dia mengakui, aspek penegakan regulasi, akan berhadapan dengan kebebasan berpendapat.

"Sementara itu mendorong literasi harus mengikuti logika perubahan kultural, yakni akan memakan waktu yang lama dan harus melibatkan berbagai elemen masyarakat," ujarnya.

Kendati demikian, menurut dia, presiden dan wakil presiden terpilih akan memiliki kebijakan yang baik dan efektif serta dapat mengakomodasi harapan-harapan berbagai pihak dalam memerangi berbagai disinformasi dan juga ujaran kebencian.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019