..destinasi wisata religi di Tanara akan menjadikan cikal bakal pembangunan Islamic Center..
Serang (ANTARA) - Menteri Pariwisata Arief Yahya akan mengembangkan wisata religi di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, dengan menargetkan rampung selama tiga bulan ke depan.

"Kita optimistis destinasi wisata religi di sini akan banyak dikunjungi wisatawan," kata Arief Yahya saat acara Saresahan Pengembangan Wisata Religi di Ponpes An Nawawi Tanara Kabupaten Serang, Banten, Jumat.

Menpar juga menilai bahwa pengembangan destinasi wisata halal di Provinsi Banten cukup banyak lokasi-lokasi wisata religi, termasuk di Ponpes An Nawawi Tanara.
Baca juga: Wisata religi Makam Puteri Kaca Mayang di tengah kebun sawit

Kementerian Pariwisata juga mendorong wisata religi di Ponpes An Nawawi Tanara dapat mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara.

Apalagi, wisata religius di Tanara sebagai tempat kelahiran Syekh Kyai Muhammad Nawawi Bin Umar, seorang ulama dunia dan melahirkan kurang lebih 115 kitab berisikan ilmu Tauhid, Fiqh, dan Hadist serta menafsirkan kitab kuning.
Baca juga: Menpar siap dukung pengembangan wisata religi Syech Nawawi Albantani

Syekh Nawawi juga pernah menjadi Imam di Masjidil Haram, Arab Saudi dan menjadi guru Hasjim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

"Saya kira destinasi wisata religi di Tanara akan menjadikan cikal bakal pembangunan Islamic Center juga Sungai Cidurian akan direvitalisasi sebagai destinasi wisata air Kali Mati," katanya.

Ia mengatakan, selama ini, wisata religi di Tanara setiap tahun menyelenggarakan haul Syech Nawawi dan dibanjiri pengunjung hingga ribuan orang. Saat ini, pengembangan wisata religi di Ponpes An Nawawi Tanara perlu dilakukan penataan-penataan.
Baca juga: Bupati Serang gagas wisata religi Syekh Nawawi Albantani

Selain itu juga Kemenpar akan melakukan pembinaan-pembinaan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) santri, ustad dan warga sekitar. "Kami menjanjikan wisata religi di Ponpes An Nawawi Tanara tiga bulan hingga selesai 29 Agustus 2019," kata Menpar.

Menurut dia, pengembangan wisata religi itu secara otomatis akan mensejahterakan pengelola ponpes juga masyarakat setempat. "Kami yakin wisata religi Tanara akan mendatangkan kesejahteraan pengelola ponpes maupun masyarakat setempat," katanya.

Baca juga: Pemkot Madiun kembangkan potensi wisata budaya dan religi
Baca juga: Wisata religi buka puasa bersama di Masjid Istiqlal

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019