Bengkalis (ANTARA) - Dalam lima bulan terakhir warga negara asing (WNA) yang datang ke Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau melalui pelabuhan Internasional Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Batu tercatat sebanyak 1,537 orang.

"Dari data yang kita miliki dari bulan Januari hingga Mei 2019 ada sekitar 1.537 WNA yang datang ke Bengkalis melalui pelabuhan BSSR Selat Baru yang merupakan jalur antar negara tujuan Malaysia," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, Toto Suryanto melalui Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Jose Rizal, Kamis.

Dijelaskannya, setiap bulan kedatangan WNA yang tertinggi terjadi pada bulan Februari sebanyak 449 orang, kemudian Maret sebanyak 378 orang, Mei 280 orang, Januari 221 orang dan April 209 orang.

"Untuk pengawasan terhadap WNA, kita tetap melakukan pemeriksaan di pelabuhan tersebut sesuai prosedur yang telah ada, terutama pengawasan terhadap narkoba," kata Jose Rizal.

Tidak hanya warga negara asing saja, sebaliknya warga negara Indonesia (WNI) yang menggunakan jalur lalu lintas pelabuhan BSSR ini juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi baik selama lima bulan terakhir.

"WNI yang datang dari negeri jiran Malaysia melewati pelabuhan BSSR hingga lima bulan terakhir mencapai 31.360 orang, dengan rincian dari Januari sebanyak 5.350 orang, Februari 5.963 orang, Maret berjumlah 6.409 orang, April 6.200 orang dan Mei berjumlah 7.438 orang," kata Jose.

Dikatakannya lagi, peningkatan yang tinggi terjadi menjelang Idul Fitri, dimana WNI yang ada di Malaysia banyak yang mudik ke sejumlah daerah melalui pelabuhan ini.

"Data lainnya untuk WNI yang berangkat melalui pelabuhan ini dalam lima bulan terakhir sebanyak 29.361, tingginya angka ini  karena kebanyakan masyarakat tempatan dan daerah lain berangkat untuk berobat dan merantau ke Malaysia," kata Jose.*


Baca juga: Polda Riau bekuk sindikat narkoba Bengkalis

Pewarta: Alfisnardo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019