Jakarta (ANTARA) - Parade Jakarnaval 2019 yang digelar dalam rangka HUT ke-492 Kota Jakarta berupaya mempromosikan “wajah baru” ibu kota yang sedang terus membangun.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi di Jakarta, Rabu, menjelaskan tema Jakarnaval 2019 yakni “Wajah Baru Jakarta” dengan mempertimbangkan kondisi terbaru Jakarta yang sedang terus mengalami perubahan melalui berbagai pembangunan.

”Kami juga berharap kegiatan Jakarnaval dapat menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri dan menjadi hiburan warga Jakarta,” katanya.

Peserta Jakarnaval 2019 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata itu diperkirakan akan dimeriahkan 5000 peserta, mulai dari parade berjalan kaki hingga kendaraan hias.

Rute Thamrin dan Sudirman dipilih salah satunya untuk menunjukkan pembangunan baru di Jakarta mulai dari JPO di Dukuh atas hingga MRT.

Lebih lanjut, Edy memaparkan kegiatan Jakarnaval 2019 akan dimeriahkan oleh marching band, parade orang berjalan, tari garapan kolosal, seniman, serta diikuti parade kendaraan hias.

Tercatat hingga penutupan pendaftaran pada 21 Juni 2019, ada sekitar 30 kendaraan hias dari 5 wilayah serta 1 kabupaten dan 5000 peserta yang akan berpartisipasi dalam Jakarnaval 2019. Parade akan dilakukan dari Balaikota menuju Bunderan HI pada Minggu, 30 Juni 2019 dan ditutup dengan panggung hiburan di Monas.

Beberapa yang akan tampil di antaranya Komunitas Ondel-ondel, Komunitas Karnaval,Tarian Garapan dan tradisional, Abang None Jakarta, Komunitas Cosplayer, Komunitas Badut Akrobat, serta kendaraan mobil hias.

Acara ini akan berlangsung dari pukul 15.00-18.00 WIB dan akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di tribun depan Balaikota.

Sejumlah musisi ibu kota seperti Krisdayanti, Iwa K, Irma Dharmawangsa, dan Ada Band akan tampil memeriahkan panggung hiburan di Monas dari pukul 19.00-22.00 WIB.

Rute parade akan terbagi menjadi 2 yaitu parade dengan berjalan kaki yang akan dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jalan MH. Thamrin, berputar di perempatan depan Bangkok Bank untuk kembali ke arah Monas.

Sedangkan parade kendaraan hias akan dimulai dari Silang Merdeka Tenggaramelewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jl. MH Thamrin, dan berakhir di Bundaran HI.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak seluruh warga Jakarta untuk berpartisipasi dan menikmati seluruh rangkaian acara yang diselenggarakan dan mendukung berbagai karya anak Jakarta karya bangsa ini, sehingga ke depan semakin memajukan perekonomian Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal.

Baca juga: Kericuhan di Jakarta pengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara

Baca juga: Kali Besar Timur dijadikan spot "instagramable"


Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019